Amazon SearchBox

Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Jumat, 27 April 2012

KENAPA POHON MANGGA SAYA BERHENTI BERBUAH ?


Pertanyaan yang sangat wajar dan umum, tapi sulit untuk dijawab secara tepat, biarpun oleh orang yang sangat akhli, sebab pembuahan adalah perubahan yang terpola dari sel sel hidup di setiap kuncup tanaman. Perubahan dari pembelahan vegetatip dari sel-sel yang mengandung 2n chromosome ke sel-sel yang punya 2n chromosome. Menjadi sel-sel yang mampu berubah, artinya  menjadi sel-sel yang mampu membelah secara generatip yaitu dari sel-sel yang mempunyai (2 n) chromosome ke sel-sel yang mempunyai (n) chromosome atau sel-sel gameet jantan dan betina.
Hukum alam secara dialektik menentukan sel-sel yang mampu membelah secara vegetatip bila setelah membelah secara kuantitatip dengan chromosome 2n ke sel-sel  2n juga, pada pembelahan yang kesekian kali (entah juta entah triliun ) akan mampu secara tiba-tiba membelah diri  yang secara kualitatip berubah, dengan membentuk sel-sel gameet jantan dan betina dengan (n) chromosome saja.
Jadi pertanyaan sudah terjawab, di pucuk-pucuknya sel-selnya kurang sering membelah, untuk sejuta atau setriliun kali, makan waktu sekitar 3 – 6 tahun, dalam keadaan biasa artinya sewajarnya.
Akan tetapi untuk perubahan dari kemampuan membelah sel vegetatip ke sel yang mampu membelah secara generatip ada syarat keadaan lingkungan yang harus ada, antara lain keadaan temperature lingkungan terhadap kecambah atau titik tumbuh, dan kualitas penyinaran.
Kecambah gandum musim dingin (Treticum durum) harus bisa mencapai -3 sampai -5 derajad Celcius beberapa hari, baru titik tumbuh ini nantinya mampu berbunga, makanya ditanam di musim gugur agar pada musim dingin tertimbun salju dan temperature segitu dinginnya bisa tercapai, dan karena tertimbun di bawah salju, jarang melorot lagi hingga menyamai cuaca di atas salju, tanaman gandum ini sering gagal panen karena saljunya ketiup angin, hingga tanahnya kontak langsung dengan angin musim dingin menjadi ikut dingin beberapa puluh derajad di bawah nol, tentu saja mati.
Setiap kuncup harus mengalami panjang hari tertentu di alam tropis  kira kia 12 jam panjang hari, di alam sub tropis bisa panjang dari 14 – 16 jam sedang di lingkaran kutub sampai 24 jam terang terus, akan tetapi kualitas sinarnya (spectrumnya) lain dengan di alam tropis. Perbedaan ini bisa jadi pnyebab kuncup tumbuhan sel-selnya tidak mampu meloncat dari kemampuan membelah vegetatip ke pembelahan generatip artinya berbunga.

Ada sejenis jeruk keprok (keprok Tawangmangu) menjelang pembungaan tanaman ini harus mengalami stress kekeringan selama bebererapa hari hingga daun dan rantingnya layu tingkat lanjut, baru diberi siraman air, langsung keluar semi baru, dan berbunga. Bila tidak dia tidak akan berbunga.


Apabila kedua syarat temperature dan panjang wakitu penyinaran dan kualitas spectrum sudah bisa tersedia ( wong pernah berbuah), baru adanya unsur hara (P) harus cukup. (Di Blog ini ada cerita mengenai tanah coklat hutan tropik, tanah tercuci hebat dan akibatnya senyawa besi mengikat  unsur (P) larut ( H2PO4 - atau   fiksasi P  sekitar Bogor.  Ditanah tanah yang kekurangan (P) tanaman cenderung besar besar tapi berhenti berbuah, atau berbuah berselang beberapa tahun.)
Ilmu Pertanian menganjurkan tidak memupuk dengan pupuk yang kandungan (N) nya tinggi di tanah dengan gejala fiksasi (P)  Misalnya satu pohon Mangga ya diberi 2-4 kg SP 36 setahun, ¾ nya diberikan pada musim pancaroba sebelum musim kemarau  dan yang ¼ diberikan setelah malai bunga kelihatan. (P) diberikan dua kali ini untuk memberi kesempatan pada pohon menyerap (P) sebelun fiksasi (P) oleh tanah. Sudah itu memang mangga adalah biennial fruiting, artinya setahun berbuah baik dan setahun berbuah jelek (Ini seleksionis dan Agronomis bisa lebih meratakan pembungaannya)
Ini jawaban yang umum, yang lebih rinci, terutama mengenai mangga, harus dicari batang bawah  pohon mangga punya anda itu dari verietas apa ?
Bila bibit sambungan itu dibeli di Jawa Barat, mungkin batang bawahnya dari kultivar gedong atau kultivar Indramayu yang buahnya banyak di pasar, bila iya kemungkinan besar lapar (P) dan ndak prnah dipangkas cabang-cabang yang bersifat parasite, artinya daun daunya hanya sedikit kena matahari, saling menutupi,  buang cabang-cabang yang daunnya tidak mudah kena sinar maahari. Ratio C/N di dalam sel-sel pucuknya harus besar Carbon nya, jadi assimilasi harus baik. Jangan malah di pupuk Urea malah tidak mampu berbunga, karena C/N rationya berat ke N.
Aliran pemikiran umum nengatakan bahwa batang bawah tidak berpengaruh apa apa kecuali pengaruh pada pencarian hara dari tanah dan air, yang kurang disadari bahwa batang bawah tidak hanya mencari hara dan air thok, tapi juga meresapkan temperature bedhiding (dingin dan kering) mempengaruhi batang atas, untuk membentuk sel sel gameet yang ada dalam buah nantinya. Sedang mangga  cv gedong dan cv Indramayu yang sudah berbuah setiap tahun di Jawa Barat yang lembab tidak memerlukan bedhiding, di Jawa Barat tidak ada bedhiding yang menggigit ya ndak apa apa cv gedong  dan cv Dermayu tetep mau berbunga   Bila ndak ada berarti cv gedong dan cv Indramayu ndak memerlukan hawa dingin dan kering untuk mampu berbunga, mempengaruhi batang atas cv mangga yang anda tanam, dia mampu berbunga saban tahun.
Bila anda tidak menanam mangga anda di wilayah basah seperti Jawa Barat, dan batang bawah tanaman anda cv madu atau cv lalijiwo yang memang cuek terhadap bedhiding coba beri dia pupuk (P) seperti di atas. Tapi bila batang bawah mangga anda peka terhadap kebutuhan mengalami bedhiding, entah mangga cv podang dari pegunungan, ya waktu ada bedhiding kuncup kuncupnya belum siap, atau masih berdaun sangat muda, atau kekurangan (P), atau bedhidingnya sudah tidak ada, iklim Dunia telah berubah sedang batang bawah anda memerlukannya. Makanya di Jawa Timur, hampir semua cv mangga kuncupnya sudah siap sebelum ada bedhiding kembang mangga bulan Mei atau Juni, mangga cv bapang malah Juli atau Agustus baru berbunga, berarti bedhidingnya bersama dengan bedhiding kembang randu, bila memang bedhiding sudah lemah atau tidak ada ya ganti batang bawah. Sayangnya batang bawah yang cuek terhadap bedhiding seperti mangga madu dan mangga lalijiwo sudah langka, karena harganya murah dan  kayunya baik jadi habis ditebang. Yang murah dan banyak mangga cv podang dan cv bapang, dia memerlukan bedhiding.
Mangga gadhung saya sekarang ini lagi lebat berbunga, saya tanam dari biji, sedang umumnya sekarang ini, mangga cv gadhung  lagi bersemi, saya ingat bulan Januari dan Februari 2012 ini masih musim hujan tapi rasanya kok ada bedhiding, saya terpaksa tidur berselimut, sedang pohon saya yang satu ini 10 bulan yang lalu diberi pupuk NPK dengan P tinggi. Rupanya saya secara tidak sengaja menemui bedhiding bulan Januari Februari 2012 dengan kuncup yang sudah siap.
Semoga pertanyaan anda di telusur Google terjawab 
Singkatan cv artinya cultivar varietas yang terjadi karena diseleksi oleh budidaya manusia.(*)

Nb : Nitip jawaban mengenai tikus yang tidak disukai bau apa ? 
Menimbang dan menimbang lagi, memutuskan bahwa sulit untuk membuat tikus jera, karena binatang ini sangat pintar. Daya adaptasinya cukup tinggi, jadi bau ndak enak seperti apapun penciumannya bisa beradaptasi, bau belerang memang buat kita saja bikin sesak napas tapi beliau tidak takut, beliau mati sesak napas, dan beliau takut mati dan lari, tikus menghuni sekitar manusia jadi bau manusia itu biasa. Tapi bau tikus yang meregang nyawa di jebakan tikus ( bubu dari kawat kasa ) bisa “di asosiasi kan” dengan bencana tikus oleh otak tikus, termasuk umpan racun acute yang bau manusia wong temannya mati disekitar umpan itu kok, jadi dia ya benar benar ndak mau makan umpan yang bau tangan manusia artinya kapok. Ini sungguh lho, karena umpan tikus racun acute hampir tidak berbau boleh coba. Kalo bau yang disenangi banyak, antara lain bau ikan asin goreng/panggang, bau MSG, bau batang padi bunting, atau anakan batang padi itu menarik dia dari beberapa kilometer disekitarnya, makanya dibuat umpan bubu tikus dari kawat kasa, dilewatkan lubang khusus menembus pagar plastic keliling rapat tanaman padi di petak menyendiri ditengah sawah yang ditanam padi pada musim kemarau. tangkapan bisa mencapai ratusan tikus lantas dibunuh dengan membenamkan, bau kematian campur bau tangan manusia yang melekat di bubu ini ikut tercuci, bila tidak membuat beliau beliau jera, ndak mau masuk ke lubang sembarangan.(*)

1 comments:

bulan bulan ini baik unutk segala macam pangkasan pohon mangga. Tidak perlu banyak pewrtimbangan, pendekkan cabang cabang sehingga tunas baru bisa muncul, lantas selanjutnya pilih yang terbaik satu atau dua cabang baru. Bednya cabang yang tumbuh baru dari tunas samping dengan tunas lanjutan cabang yang sudah mengeluarkan malai dan buahnya sudah dipetik, tuan samping baru ini akan lebih kuat dan dauunya besar besar, dibanding dengan tuas terusan sebelah malai yang sudah selesai menghasilkan buah. ide subagyo

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More