Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Senin, 09 Januari 2012

Alumni Sutaryo Berangkat ke Syurga

Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun,  telah berangkat ke Syurganya Alloh, Kawan kita Sutaryo. Almarhum Sutaryo adalah alumnus Universitas Druzhba Narodov- Imeni Patricia Lumumba Moskow, Russia, Fakultas Pertanian angkatan 1965. Semasa kuliah di Patricia Lumumba Moskow, Almarhum  Sutaryo tinggal di asrama Pavloskaya Ulitsa, kampus di wilayah Donskoi Proyest.
Mari kita mengenang kebaikan almarhum, seraya menghidupkan kenangan kita lagi semasa muda saat  kita semua mahasiswa Indonesia  bersama-sama menempuh ilmu di kampus Univ Druzhba Narodov. Kita belajar di fakultas apa saja, ada kawan yang studi di Fakultas Teknik, Fakultas Sastra, fakultas Pertanian dan Kedokteran bahkan Ilmu Kedirgantaraan dan Ilmu Kelautan. Kita juga bangga bahwa ilmu kita tidak sia-sia. Semoga Alloh mencatat ilmu Alm. Sutaryo sebagai ladang amal almarhum.
  Kita layak bersyukur bahwa para alumnus Russia asal Indonesia memiliki ilmu masing-masing yang teguh, karena memang saat itu kita dipersiapkan untuk membangun bangsa dan negara oleh Ir Sukarno. Kita semua dikirim oleh Negara, untuk kelak membangun Negara. 
   Romantisme semangat kepemudaan kita awal kemerdekaan itu rasanya masih terngiang. Bahkan Bung Karno sendiri pernah berpesan pada kami para mahasiswa Pertanian yang muda usia di Moskow, "Hei pemuda mahasiswa, kalau kalian kembali ke Tanah Air, janganlah langsung kerja di kota besar, tapi segeralah ke  daerah-daerah yang tertinggal  pertaniannya, bangunlah pertaniannya dan ajarkan pada rakyat ilmu kalian,". Alhamdulillah, saya telah memenuhi pesan Bung Karno, dan membuktikan bahwa negara tidak rugi membiayai kita semua jauh-jauh menempuh ilmu di negri orang, saya sudah keliling sebagian besar Indonesia dan mengamalkan ilmu pertanian saya pada warga Desa yang saya singgahi.
  Dan saya yakin demikian pula dengan almarhum Sutaryo, akhirul kata ; Semoga Alloh Subhana  Hu Wa Ta'Ala menerima segala amal baik almarhum Sutaryo. Amin. (*)

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More