Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Selasa, 26 Juni 2012

PENGALAMAN DENGAN TANAMAN OBAT “DAUN SAMBUNG NYAWA ATAU DAUN NGOKILA” Gynura procumbens Lour/Merr


Sebenarnya sudah banyak tulisan di Google mengenai daun obat ini yang sangat ilmiah, sehingga dapat saya pergunakan sebagai sumber informasi tulisan ini, rupanya para penulisnya dari disiplin ilmu Pharmasi yang bersemangat, sehingga tulisan ini bisa dilengkapi, berkat tulisan beliau-beliau. Terima kasih saya ucapkan.

Tumbuhan “daun sambung nyawa” atau  umumnya disebut daun “Ngokila” tepatnya adalah Gynura procumbens Lour/Merr. Dari Kelas Dicotyledonae, Ordo Asterales, Familia Astraceae, Genus Gynura dan Species Dynura procumbens Lour/Merr.

 Tanaman semak suculent yang berdaun lancet ujungnya runcing bergerigi agak besar, agak tebal berair, dan berwarna hijau agak pucat, saya tidak pernah melihat bunganya, mudah ditanam dengan stek batang, daun obat ini sering dikacaukan dengan daun obat yang lain yaitu “daun dewa” yang gampang berbunga, serupa dengan  Asteraceae yang lain bunganya serupa bintang tunggal diameter 1-2 cm berwarna kuning, hanya yang ini daunnya besar hingga 10 cm atau lebih geriginya lebih besar-besar.

 Di Google oleh para penulis di atas disebutkan dapat untuk obat sakit ginjal, disenteria, infeksi kerongkongan, gigitan binatang berbisa, haematom (memar ? )
daun Ngokilo

Aku pernah sangat terkesan pada Daun Ngokila ini, dengan pengalamanku akan kemampuan daun ini mengobati  nyeri lambung. 
Berkali kali aku mengalami nyeri lambung yang datang begitu saja tanpa melihat waktu, dan penyebabnya, lantas entah oleh petunjuk siapa aku sudah lupa, begitu saja lima enam Daun Ngokila saya petik, saya cuci, saya bubuhi garam sedikit ditangah gulungan lima helai Daun Ngokila terus saya kunyah dan saya telan, rasa juice nya tanpa garam pun agak asin. Hanya selang beberapa menti rasa nyeri di lambung saya hilang.

Pada suatu saat, tamu saya kakak ipar yang dokter, akan saya ajak untuk jajan makan ikan lele goreng yang di-penyet dengan sambal, istimewanya sambal trasinya sangat enak, lain dari yang lain. Tempatnya di pinggir jalan di Buduran-Sidoarjo. Konon penjualnya yang meracik dan membuat sambal adalah pensiunan Marinir. E, e, sebelum kami berangkat, kok mendadak kakak  ipar saya yang dokter itu meringis sambil memegang perutnya,  "Aduh dik saya nyeri lambung," katanya. Karena dia Dokter, persiapan obat-obatan cukup lengkap di tasnya, jadi dia lantas meraih tas yang dibawanya kemana-mana, namun sayang obat maag yang dicarinya tidak ada.

Waduh bagaimana ini pikir saya, lha wong kita kan mau berangkat menikmati pecek lele, ohya saya ingat Daun Ngokilo di depan rumah, saya petik lima lembar Daun Ngokila kemudian saya cuci dengan air ledeng, saya bubuhi garam sedikit, lantas saya gulung, dan saya berikan kepada si Dokter itu agar dikunyah dan ditelan. 

  Beberapa menit kemudian dia diam saja, sepertinya merasakan sesuatu,  kemudian dia tersenyum dan mengatakan kok perutnya sudah tak terasa nyeri lagi, terus dengan semangatnya kakak ipar saya itu mengajak kami berangkat jajan lele sambal trasi penyet.

Sayapun merasa lega dan puas dengan khasiat Daun Ngokilo ini. Saya juga sempat terkesima melihat pemandangan yang secepat itu berubah. Langsung saya sambar satu batang Ngokilo diam-diam, “in case” sang Dokter nanti habis menyantap lele lantas kumat, kami segera brangkat, Namun sampai pulang tidak terjadi insiden apa apa, Alhamdulillah.(*)

4 comments:

Terimakasih atas informasinya,ternyata daun sambung nyawa itu tanaman obat yang manjur untuk tindakan emergency mag yang mendadak kambuh....mudah2an orang sadar untuk lebih memperhatikan lingkungan karena ternyata ada berkah dari tanaman sekitar kita .

Benar, terimakasih untuk komentar Agus Patrianto, B.Sc. Salam sukses selalu.

Yang butuh bibit tanaman Sambung nyawa, daun dewa, tempuyung dll bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 @Trims Prabowo JOgja

Berapa lama sih tahannya air rebusan tanaman daun sambung nyawa ini.?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More