Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Selasa, 07 Februari 2012

SAYA PEMAKAI DAUN UNGU/HANDELEUM – Graptophylum pictum Griff
















TULISAN INI DIBUAT UNUTK MENGHORMATI DAUN BERKHASIAT DAUN HANDELEUM ( Graptophylum pictum L) 


Tulisan pertama saya unggah di blog google saya pata waktu saya berumur 75 tahun, Sekarang sudah 89 tahun, saya tulis kembali sebelum saya lupakan, kesksian penting saya mengenai daun obar ini.
Lima thun yang lalu saya kena stroke ringan, tapi harus ke Rumah Sakit, Atas rujukan Dokter BPJS saya. Garei itu saha merasa keseimbangan saya agak nggak bener, kila mata saya pejemkan saya tidak bisa berjalan lurrus.
Saya sama sekali tidak psing, tapi tekanan darah saya syswtole ( yang diatas) waktu diperiksa 240  yang sibawah saya lupa.
Dokter  menganjurkan saya segera ke Rumah Sakit. Segera diantar oleh menantu saya ke RSAL Surabaya berhubung loket sudah tutup saya dianjurkan lewat UGD, dengan rujukan dan pemeriksaan tekanan darah diulang, saya  diantar pakai ksi roda ke klinik pemeriksaan, Poly Syaraf. Sesudah beberapa saat menunggu antrian pemeriksaan pesien hari itu, saya dipanggil, anel haktu dirurh tidur di tempat tur pemeriksaan saya sudah tidak bisa melepaskan sepaktu saya, tangan kanan saya dan kaki kanan sulit digerakkan. Selanjutnya saya dikirim ke kamar inap menunggu pemeriksaan MRI, bener saja nampak penumbatan pembuluh darah di otak sebelah kiri - jadi efeknya ke anggauta badab terutama angan dan kaki kanan tidak bisa digerakkan.
Dalam perawatan inap, sar minggu anggauta bedab tangan dan kaki kanan saya sudah bisa digerakkan.





saya dan pohon handeleum yang mengobati ambeien saya


Tahun 1993 saya bebas tugas alias berhenti jadi pegawai karena usia, sebelumnya saya bekerja sebagai Agronomist perusahaan Pestisida products dari Multi National Company trus perusahaan itu dijual ke perusahaan domestic dengan products sekalian bersama asset dan para pegawainya. Saya tetep jadi Agronomist pada zaman Bimas Tanaman Pangan Nasional untuk wilayah Jawa Timur, Indonesia Timur dan Sulawesi. Kalimantan tidak termasuk.
Product Companies itu kebetulan cocok untuk dipromosikan dimasukkan dalam products yang dibeli pemerintah untuk program Bimas/ Inmas (Bimbingan masal dan Intensifikasi Masal untuk tanaman pangan dan kapas, yang jumlahnya mencpai ratusan ton). Kita hannya pasukan lapangan, sedang yang mendapat jatah menang tender sebenarnya adalah termasuk kroni dekat Pentolan paling berkuasa di Orde Baru.
Walaupun demikian pada tahun tanam sebelum tender tahun berikutnya, selalu dinilai barapa carry over atau sisa yang masih belum dipakai oleh petani, di gudang-gudang Penyalur Tunggal untuk sarana produsi pertanian bersubsidi, P.T Pertani.
contoh tanaman daun handeleu


Jumlah sisa atau carry over pada akhir tahun tanam menjadi pertimbangan penting jumlah jatah pembelian tahun berikutnya. Nah inilah tanggung jawab kami para Agronomist, jadi kerja kami sebenarnya sangat mirip dengan Detailers Obat- Obatan manusia produk Pharmaceuticals Industries, hanya beda sasaran saja, sasaran kami adalah setiap petani, gurem atau tuan tanah atau Direktur Produksi perkebunan BUMN atau Swasta, petani gurem peserta Bimas/Inmas tanaman pangan polowijo dan kapas, sedangkan Detailers betulan, sasaran mereka adalah para dokter dan Rumah Sakit.
  Jadi tugas kami adalah kunjungan, pertemuan dengan petani, menyelengarakan demonstrasi, membagi samples, sampai ke lahan yang kena serangan hama atau penyakit, membuat “demonstration plots” dan memelihara “brand image” jangan sampai salah dalam penggunaan, memberikan penekanan pada keselamatan kerja menggunakan pestisida. 

pohon handeleum bisa tumbuh  di pekarangan

Menyelengarakan pertemuan dengan sebanyak mungkin Kelompok Tani, Jajaran Dinas Pertanian, Segala Lembaga Penelitian jang terakait, (PPL) Petugas Penyuluh Lapangan dan terutama Petani yang mempunyai pengaruh terhadap teman-temannya.
Termasuk juga perkebunan BUMN dan Swasta juga usaha Perikanan (pemberantasan ikan liar dan keong tambak payau yang dekat pantai, Trisipan. spp.)
Sesudah Bimas Inmas berhenti, dan penjualan dijalankan di pasar bebas tanpa subsidi, pekerjaan kami sangat competitive sebab banyak produk yang bahan aktif (generic) sama, banyak produk seperti sintetic pyrethroid yang punya gradasi knock down terhadap hama sendiri-sendiri.
Jadi jangan bertempur di medan yang anda pasti kalah “grade”nya dengan perethroid sintetic punya kompetitors
  
Wasir
Inilah yang membuat saya mengidap sakit wasir atau ambeien, atau haemorrhoid luar yang parah, kadang celana di bagian anus berdarah darah sampai kayak wanita haid, sebab harus betah duduk di kendaraan berjam-jam setiap minggunya, mengemudi sendiri jeep yang keras suspensinya pasti, sebab perlu menempuh segala jalan-jalan desa
Segala obat dari Phaemaceutical Industries untuk haemorrhoid, pil untuk diminum, supositoria (semacam “peluru lonjong dan agak lunak dimasukkan ke anus sudah digunakan), kemudian ada larangan makanan pedas, minum kopi, makan daging kambing sudah dijalankan, alcohol tentu saja dilarang, ok, tapi bergadang dan mengemudi jeep ya itu kerjaannya.
Sampai saya membaca perkara “handelaeum” sebagai obat wasir.
Dari pertama saja yakin, bahwa nama “handeleum” adalah nama Sunda, orang Sunda paling suka lalapan dengan sambal pedas, jadi mestinya sebagian mereka pasti kena wasir, lha bila mereka menemukan obatnya di antara dedaunan atau rimpang atau buah buahan ya pasti manjur.


perhatikan, daun handeleum bagian belakangnya ke-unguan, jangan salah tanaman
Lain halnya misalnya bila obat tradisional untuk penyakit hypertensi atau tekanan darah tinggi, yang dtemukan oleh orang Madura - ya manjur, habis semua makanan dan lauknya cenderung asin, kan garam diproduksi di Madura, dan mereka terkenal suka “carok” atau berkelahi menggunakan senjata tajam.
Yang penting saya bisa mengatasi wasir (istilah dokternya ambeien luar) yang saya idap sudah menahun.
Setelah saya temukan tumbuhannya yakni daun Handeleum tadi, saya ambil dua tiga helai daun yang masih muda namun sudah selebar daun dewasa, agak berlendir bila dipotes, saya celupkan air mendidih beberapa menit langsung diangkat.
Kemudian digulung serupa cerutu pendek dan padat. Cerutu daun handeleum sebesar jari telunjuk sepanjang lebih dari dua buku jari diletakkan membujur diatas jari kiri, trus yang di atas ujung jari dimasukkan dalam anus, kemudian ditekan pelan-pelan dari ke dalam anus, tapi yang masuk dulu adalah cerutu yang diatas ujung jari, dimasukkan dalam kedaan jari membujur lubang anus, tapi tekanan ada di ujung jari, sehingga masuk seperti supositoria biasa, seolah olah membujur anus.

Tentu saja jenis supositoria dari cerutu daun handeleum ini tidak keras, tapi dengan pertolongan ujung jari bisa kita masukkan cerutu sebagian besar gulungan daun handeleum kedalam rongga bawah ujung usus besar diatas sphincter ani (otot lingkar anus), sehingga tidak gampang lepas keluar, karena melorot tertekan usus besar.
Dengan demikian bila mengemudi kendaraan dengan supositoria gulungan daun handeleum ini tetap ada ditempat yang semestinya.
Beberapa jam Insya Allah, bengkak mengempis dan perdarahan berhenti, tidak perlu diapa-apakan lagi, sebab cerutu akan keluar bersama kotoran

Handeleum nama lain dari “daun ungu”, nama Latin species: Graptophylum pictum Griff.
Genus: Graptophylum, Familia: Acantaceae, Ordo:Seropheriales, Kelas:Dicotyiledone. Bila pembaca ingin mengetahui riwayat daun handeleum bisa baca di wikipedia telah komplit informasinya.
Handeleum Sangat gampang ditanam bahkan dari stek batang sepanjang dua jengkal pun bisa saja agar cepat besar.
Dapat ditanam dictempat yang lebih kurang 1700 meter diatas muka laut sampai tepi pantai, yang penting untuk perdu ini cukup air, dan dipiara dari serangan ulat daun. Bila cukup matahari daunnya cenderung ungu kemerahan, bila kekurangan sinar matahari cenderung menghijau.
Saya jadi biasa menanam Graptophylum pictum ini disetiap Penginapan di Kota Kabupaten di mana sering saya singgahi dan menandai di depan rumah di mana tanaman ini bebas tumbuh, ini perlu, sewaktu waktu haemorrhoid saya kumat saya tahu tempat terdekat dimana daun ini bisa diambil.
Semoga ada gunanya bagi pembaca, Insya Allah anda bisa terbebas dari penyakit wasir yang amat menyebalkan ini.(*)

1 comments:

Setuju!
Daun ungu bermanfaat, terutama untuk wasir/ambeien...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More