Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Rabu, 11 September 2013

PENGETAHUAN DASAR PETERNAKAN UNTUK MENGIMBANGI PRAKTISI DARI DESA, CALON MITRA BISNIS TERNAK


Tentu saja uang yang sedikit terlebih dulu untuk menyewa atau membeli sepetak tahan untuk kandang yang baik. Katakan 20 juta rupiah, cukup untuk empat lima sapi kereman, atau dua belas kambing gibas.
Apabila counterpart kita adalah petani lugu, tidak pernah terpikir di benaknya membesarkan pedet ( ‘e’ kedua di eja dari ‘elok’)  Simmental atau pedet sapi Limousine kayak Pak Harto, yang canggih dan sulit untuk daerah tropika/dataran rendah, maka terpilihlah pedet dari sapi Bali atau sapi Madura, yang tidak memerlukan dana besar, karena berkat kawin suntik yang sudah meluas, tidak sulit mendapatkan bibit/ pedet yang baik dan sehat.
Pedet ini badannya kerempeng dari lahir sampai umur 8 bulan secara alami disapih, mungkin disapih lebih awal katakan 7 bulan lebih baik lantas diberi makanan tambahan untuk bayi sapi, kepala dan tungkainya tumbuh lebih dulu, kaki belakang lebih panjang, lahir dengan berat badan 8% dari berat dewasa, dari semula dalam perut terbentuk saraf, kerangka otot, sedang punggung, pinggang tumbuh setelah itu. Sebagai ilustrasi pedet sapi Anggus 28 kg,  herefort 34 kg, waktu disapih bera badan sudah 65 kg pada umur 8 minggu, sebelum disapih dilatih makanan kasar I kg/hari sesudah disapih 2 kg /hari diusahakan tambah konsentrate 0,7 kg/hari ( 880 wordpress.com/2005/05)
Dari dunia sapi.com/budidaya di Indonesia telah dipelihara  2,92 juta ekor sapi  Sapi Bali merupakan 19% total sensus tahunan, di Sulawesi Selatan 1,5 juta ekor, NTT 8,6 juta ekor, NTB 0,36 juta ekor Bali hanya 0,45 juta ekor, selebihnya tersebar diseluruh Indonesia. Jumlah kematian pedet sebelum disapih hingga 30 %
Dari auliapemimpinblogspot.com/2003/03/teknik pemeliharaan sapi potong httm. Sebagan kata kunci success teknik pemeliharaan sapi. Dijelaskan
Golongan umur 1 - po-el 1 – gigi susu tangggal 1 pasang – umur 1,5 hingga 2 tahun.
Golongan umur 2 – po-el 2 – gigi susu tanggal 2 pasang -   umur diatas 2-3 tahun
Golongan umur 3 – po-el 3 – gigi susu tanggal 3 pasang – umur diatas 2-3,5 tahun
Penelitian sapi Bali di Pasuruan tentang pe-nyapihan lebih awal dari pedet sapi Bali, disapih umur 3-6 bulan, diberi susu prngganti (kecuali kolostum yang nyaris tidak bisa diganti, beri kolostum induk lain) dan macam dedaunan antara lain rumput gajah, rumput lapangan, dan daun lamtoro ( Leuciana glauca L), menunjukkan bahwa tambahan daun lamtoro sangan memperbaiki penambahan berat harian pedet sapi Bali.
Tulisan lain memberikan ancar ancar berat badan sapi deri pengukuran parameter badan ( rupanya yang diambil rata rata ukuran badannya adalah sapi bali atau sapi Madura)
http//www google.com/Wikipedia menjelaskan perkiraan berat badan sapi potong berdasarkan umur dan ukuran tubuh sapi sebagai parameter seperti lingkar dada, lingkar pundak dan panjang dari pelvis ke gumba, tinggi pundak telah di prakatek-kan.
Hampir semua tulisan mengenai penggemukan sapi, yang cocok untuk digemukkan adalah: Sapi muda yang berumur sudah kira kira 2,5 tahun, bentuk badannya panjang, lengkung dadanya bulat, dan lebar, panjang lebih kuang 170 cm, tinggi pundak lk 135 cm, lingkar dada lk 133 cm, meski kurus tulang tulangnya menonjol bukan karena penyakit, pandangan mata bersinar cerah, bulu badan halus, kotoran normal.  Sapi sapi ini yang paling memberikan hasil buat digemukkan untuk sapi Qurban ( jenis ini dipilih dengan jangka penggemukan yang paling produktip,artinya beberapa bulan saja)
Tentu saja tanda ini umum, ukuran lingkar dada ternyata menurut banyak penelitian berhubungan sangat erat korelatisinya dengan berat hidup calon sapi potong kita.
Perhtungan umum menyatakan bahwa seekor sapi pedaging membutuhkan makanan kasar dihitung berat kering 2,5 persen dari berat badan hidup, untuk memperkirakan kebutuhan “staple food” nya. Tentu saja angka jumlah makanan kering ini harus dikonversi terlebih dulu kepada makanan basah kira kira 80% dari 100% makanan basah. Semua makanan basah harus dilayukan terlebih dahulu makin layu makin baik.
Strimin plastic /kain kasa plastik memberikan perlindungan terhadap lalat dan nyamuk yang kini harganya sangat terjangkau, merupakan hasil kemajuan zaman. Lha iya wong bertambahnya berat harian sapi sapi ini nyaris diharapkan 0,5 – 1,0 kg per hari, kan sangat layak untuk diberi tidur nyenyak, makanan konsentrate sebagai tambahan yang harus diberikan !
Melihat harga daging sapi di Indonesia yang termasuk termahal di Dunia, maka pemeliharaan sapi pedaging tiga empat ekor pun masih menguntungkan.
Mengenai pemeliharaan kambing akan disajikan next time (*)
  

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More