Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Rabu, 11 September 2013

PERIKANAN DAN PETERNAKAN

Pada dasarnya Peternakan dan Perikanan ( kecuali penangkapan ikan di perairan bebas dan pelepasan ternak di padang rumput bebas/liar) adalah utilisasi dari upaya pertanian, atau peningkatan mutu dari hasil pertanian atau limbahnya. Jadi umumnya harus ada latar belakang hasil pertanian yang melimpah baru peternakan dan perikanan bisa terdorong maju. Di era modern ini ketentuan ini tidak sama sekali benar, di Negara padang pasir yang kaya minyak, mereka membangun peternakan sapi susu yang terintegrasai dengan pengolahan susu komplit, tanpa didukung pertanian yang kuat, malah ditengah padang pasir. Jadi mulai dari air, hijauan dan konsentrate semua kebutuhan makanan ternak didatangkan dari luar, sapi-sapi  ini dipiara diruang ber A/C, bisa menguntungkan ini kecualian.
Maka dari itu upaya peternakan dan perikanan tidak luput dari “ration” atau kebutuhan jumlah dan jenis makanan ternak yang harus diberikan setiap hari yang makin bertambah karena piaraannya makin besar, dan timbangan berat ternak yang dipiara secara periodik, dijadikan grafik. Untuk mendapat pengembalian pengeluaran makanan ternak ( koncentrate mesti ada nilainya) secara optimal. Karena kita semua tahu, bahwa ternak yang telah mencapai berat optimal maski dikasih makan apa saja beratnya ya tetep saja, jadi kenapa dipiara terus ?. Jadi timbangan ternak secara individual sangat perlu dibelikan pada usaha peternakan untuk produksi daging, . khusus sapi, ewan yang berperut empat/memamah biak, keperluan memberian makanan kering ( rerumputan dan jerami) adalah mutlak untuk memelihara microflora dalam perut hewan hewan ini dan konversinya ke protein oleh microflora perut dengan urea/ food aditives dengan dosis tertentu supaya tidak dilupakan. Ingkungan yang mendukung untuk menggemukan ini harus baik, menenteramkan si ternak, juga dijauhkan dari endo dan ecto parasites yang mengganggu piaraan hewan pedaging ini jaga atau tidur, mendapat ruang untuk istirahat merumput yang sehat.
Wahai saudaraku penduduk pedesaan, anda punya potensi untuk mendatangkan modal dari kota kota, untuk memanfaatkan situasi pertanian di desa anda, anda perlu sarana, jaitu bibit ternak pedaging yang baik, ada benih ikan yang baik (ini ada harganya ), kandang atau kolam yang sehat, dan sebagian limbah pertanian ( ini juga ada harganya), penasihat kesehatan ternak/ ikan untuk bebas dari penyakit, ecto dan endoparasites ( ini harus diberi honorarium bagi jasanya artinya dibayar layaknya dokter pada umumnya.) Jadi bila anda berhasil menggaet tabungan saudara anda yang bekerja pempunyai penghasilan sementara  berlebih, dan dia ingin menanamnya di desa anda, menunjuk anda sebagai Partnernya. Ini adalah aliran modal murah dari kota ke desa, hikmahnya lebih dari bank muamalat yang manapun, perlakukan dengan professional, ini modal kerja yang anda berhak atas bagian keuntungannya, yang saya yakin sangat bernilai fisik maupun spiritual, jangan malah ditipu, demi kelanjutan sekolah putra putri anda sengaja lapor bahwa tenak tabungannya yang dititipkan ke anda untuk dikembangkan, mati kena penyakit dan sudah dikubur, siapa yang mau nge cek musibah ini.? Mereka menggerutu tapi percaya, hanya berpikirlah duakali sebab praktek semacam ini sudah sangat umum, sejak zaman beuheula. Saya terlalu sering dilecehkan semacam ini, ya akhirnya lebih baik uang sisa belanja saya habiskan buat senang senang.*)


0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More