Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Kamis, 11 April 2019


APA GUNANYA JALAN TOL BEBAS HAMBATAN SEPANAJNG PANTAI LAUT JAWA – DALAM WKATU DEKAT INI ?

Saya tidak meramal, tapi menentukan bahwa sebagian besar jalan tol yang dekat pantai laut Jawa – segera akan sangat berguna bagi transportasi container pendingin.

Kesatu : untuk mngangkut produksi dari keramba apung dimana ikan ikan dipiara dalan keramba apung oleh petani keramba........... ikan atau makhluq laut lain yang  sampai sekarang punya nilai ekonomi sangat tinggi dalan keadaan hidup.                                                        Laut Jawa adalah mare nostrum yang sangat ideal untuk upaya keramba ini, sebab relatip tenang dari gangguan ombak besar disamping teluk dan pantai yang relatip tenang di Sulawesi Ternate, NTT dan lain pulau besar.
Meskipun ikan atau lain jenis hasit laut ini dalam keadaan setengah terbius (supaya tidak banyak mengkonsumsi oxygen dan saling mendesak)  bisa diangkut dalam tempat yang ringkas, ringan, mudah diatur dalam pesawat raksasa yang sudah direka yasa untuk diisi ikan atau hewan laut lain secara extra padat, dan segera diangkut ke Bandara Internasional dimana pesawat jumbo sudah dirsncasng untuk tujuan ini ------- jalan tol sepanjang pantai laut jawa di pulau jawa sangat berguna untuk tujuan ini. Urgensi  segera memperluas pangalaman kabupatan Situbondo yang sudah punya hatchery untuk ikan kerapu hibrida “cantik” hasil persilangan antara kerapu “batik” das kerapu “macan”. Saya sangat bisa mengharapkan kawan kawan dari Perikanan tahu betul bahwa hibridisasi hewan laut jauh lebih produktive dari hidridisasi hewan darat apalagi sapi dan kerbau, yang sudah dilaksanakan dengan kawin suntik.
Kedua: Sawah dari tanah ngarai di pulau Jawa sudah sangat berkurang luasnya, kerena tanah sudah dikonversi ke Pabrik Pabrik dan Prumahan, Jadi usaha keramba apung bisa digalakkan dengan produk yang bernilai tinggi.......... bisa segera dilaksnakan oleh generasi mileneum kita......yang ingin segera menghasilkan nafkah,,,,,, dengan modal pertama yang tidak terlalu besar, dibandingkan dengan yang lain untuk mencapai kecukupan hidup norma, tanpa hitungan UMR dan kontrak.
Di Kabupaten Bondowoso, keramba apung ikan kerapu hidrida “cantik” sudah berkembang pesat..... sehingga kabupaten ini berani maju menjadi pelopor budidaya ikan kerapu dalam keramba, pengalaman mereka sudah bisa menyandang gelar itu ( Lihat di google dengan kata kunci keramba apung ikan kerpau hibrida “cantik”) seban harga ikan ini dalam keadaan hidup dan sehat bebas polusi di Situbondo sudah mencapai Rp 150 000 per kilogram.
Tentu saja jenis produk yang dihasilkan keramba apung ini perlu makanan tambahan awetan, obat obatan, yang bisa menghidupkan usaha yang lain. Disamping perluasan trasnportasi cepat bebas hambatan sepanjang pantai teluk Tomini teluk Bone dan Teluk sepanjang pantai pulau Sulawesi ke Badara Internasional disana.*)

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More