Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Sabtu, 15 Desember 2018

disimpan di pad 2

BAGAIMANA ISLAM DIKEMBANGKAN DI PULAU JAWA OLEH PARA WALIULLAH –MULAI AKHIR ABAD KE11 MASEHI                                                         

Para mubaligh Islam yang paling pertema tiba di pulau Jawa, konon dari Yunan sisi utara masyrakat Parsi, yang terdiri dari para ilmuwan islam yang mmpuni, mengambil jalan lewat utara pegunungan Himalaya- menghillir sungai Yang Tse yang ramai dengan pelayaran menuju ke Laut Kuning dimana  secara rutine jung china sudah  melayari sampai di Majapahit sebagai ujung perdagangan rempah rempah dari timur yang sangat dimaui pasar di pelabuhan sebelah barat - Timur laut kota kota pelabuhan Mediteranean antaranya  .Mantaralain Punisia - ujung barat Jalan Sutra         Jadi asal para mubaligh  itu dekat dengan bangsa Parsi dimana islam bekembang di linkungan yang berkebudayaan sangat tinggi juga dalam petanian, sangat lain dari di Mesir. yang hanya mengandalkan luapan sungai Nil, tapi di Mesopotamia menanfaatkan rawa untuk sawah, dengan mengatur ketinggian air dirawa rawa Mesopotamia ( tanah diantara dua sungai Euphrat dan Tigris)                                                                                  Para mubaligh ini melihat bahwa masyarakat Hindu di pulau jawa sudah mengalami zaman keemasan dan mulai  mengalami pelapukan di segi  dinamika masyarakat yang terbagi dengan sistim kasta berdasarkan kepercayaan agama Hindu yang berkembang sudah berabad abad lamanya. Pengamatan para mubaligh penyiar agama islam di barat India dan kerajaan kasultanan di India – ternyata budaya kasta ini masih terikut dalam masyarakat baru yang beragama islam, membuat para sarjana mubaligh ini sangat hati hati, terutama dalam sistim penguasaan tanah pertanian sebagai tiang pokok suatu kekuasaan dalam masyarakat agraris waktu itu. Penaklukan wilayah tidak mensita tanah pertanian milik anggauta komunitas petani desa, melainkan menarik pajak tahunan seperti yang lazim dilakukan oleh sistim pemerintahan feodal. hanya tanah pertanian milik Raja diambil alih oleh penguasa baru. Mungkin juga lungguh (pengganti  gaji) para penjabat pemerintahan, mengalami pergantian seperti lazimnya pegantian rezim.                                                                     Peperangan demi menyiarkan agama Islam seperti yang ditulis dalam sejarah lslam, menyangkut catatan yang sangat rinci mengenai harta rampasan dan pembagiannya – “ghanimah” -jadi rampasan perang dari peperangan itu sendiri, semua bekal perang seperti ternak daging, ternak tunggang  ternak angkut, kendaraan perang  dengan bekal makanan,  senjata, baju zirah dan pasukan taklukan beserta budak budaknya.

 Kondisi zaman – yang telah menyingkirkan Abu Dzar, sosok muslimin, yang sangat dekat dengan ideal Rasulullah, karena karakternya yang lugas, jauh dari nafsu memperkaya diri,  zuhud, dan berani – seperti Jendral Jusuf, ksatrya dari Bugis                                                                                                               Hak milik satu pribadi yang untuk hidup sebagai kawula Negara satu komunitas  tidak dirampas, dibag bagi.  Padahal perang sebelumnya sama dengan perampokan dengan skala jauh lebih luas, tidak ada pembatas untuk perilaku pemenang.                                                                                                                           Cara itu tidak beda dengan perang suci damana mana, di zama sesudahnya.  Juga perang perampokan dimana mana. Konon perag orang Portugis dan Spanyol di Kerajaan Inca dan Maya di Amarika Selatan dua adat perilaku  perang itu dicampur jadi satu.  

Kesimpulannya penyebaran islam di Nusantara,  jelas  tidak memakai cara penaklukan itu. Sedang perang antar Kerajaan di Nusantara – sebagai contoh di pulau Jawa,  ya masih menurut kebiasaan itu.  Hanya pemilik Kerajaan serta keluarga intinya dan hak miliknya disita – termasuk istri istrinya anak anaknya jadi tawanan atau boyongn. ( dari babad Tanah jawi).  Islam tidak mengadakan peperangan di Pulau jawa. Jadi bisa dimengerti, komunitas islam pertama di Pulau jawa harus membangun komunitas kaum muslim ( dan kaum lain) demi kemandirian tanpa bergeseran dengan pebduduk asli dan existensinya sendiri, sebagai petani bebas atau penggarap tanah brahmana atau asyram. Para mubaligh yang datang dari Junan mengambil pengalaman dan teknologi dari Mesopotamia membangun rawa jadi sawah di muara Bengawan Solo dan tinggal di lokasi yang lebih tinggi di bukit kapur Gresik atas izin peguasa Kerajaan Majapahit. Tentu saja dasar dari semangat untuk bekerja berat membangun rawa jadi sawah ya kepemilikan sawah itu sendiri. Perjuangan mencetak sawah dari lahan rawa ini laksana perang penaklukan pada zaman kalifaur rasyiddin, para pimpinan pasukan penakluk menganggap sebidang tahan pertanian yang subur adalah ghanimah, hak untuk dibagi bagikan pada para pasukan yang berperang, tapi Umar bin Khattab sebagai Amirul Mukminin lebih suka menjadikan tanah peertanian ini milik Negara dan peggarap ditarik pajak untuk digunakan sebagai beaya penyelengaraan Negara. https://www.kompasiana.com/milanletana/5500dddba33311a8725124af/ijtihad-umar-ibn-khattab-cak-nur


Kali ini para santri pembuka sawah rawa  diberikan hak untuk memilikinya- kejadian yang belum pernah ada pada kekuasaan sebelumnya – meskipun komunitas kecil ini di Gresik ini bukan Negara, tapi memberi semangat yang sangat besar bagi para santri dari semua kasta bawah kaum Hindu yang menjadi santri.

Terbukti pada adat kebiasaan petani di lamongan dmana sawah rawa dbangun para santri, sekarang, yang masih memakai adat matriarchal murni untuk mempertahankan sawahnya dari pembagian waris sawah di beberapa desa Lamongan, sawah hanya  diwariskan pada anak perempuan.  Dengan melamar menantu pria untuk tenaga penggarap, lengkap dengan emas kawinnya – asal tidak minta warisan sawah sang calon istri. Persis di tanah Minang yang bekas Kerajaan Hindu Pagar Ruyung.  

Penimbulkan percaya diri, serta mengubah  mentalitas satu komunitas untuk sukarela begotong royong, alias berkorban tenaga dan harta, demi idealnya, lengkap didukung oleh dua kasta atasnya dalam komunitas itu, kaum Ksatria dan kaum Brahmana. Karena dua kasta diatas itu, sebagian kecil hampir mirip sikap Abu Dzar sang beduin dari padang Pasir.

Setelah kurang lebih satu abad, generasi berikutnya dari para sarjana dari Yunan ini membentuk satu budaya baru, sudah ada kesempatan membangun rawa yang lebih besar di Demak Bintoro, karena beras lebih dimaui pasar. Sedangkan sistim ekonomi kerajaan Hindu yang berkuasa mulai melapuk karena  perebutan kekuasaan dan tidak mampu mengantisipasi kebutuhan pasar, kerana infra structure jalan dan jembatan sangat sulit dibangun di  wilayah tropic basah ini, sehingga mengumpulkan beras yang diminta pasar tidak mudah. Lagipula sawah berundak di lereng lereng gunung wilayah Majapahit sangan berpencar pencar, mulai Banyuwangi hingga  wilayah  gunung Merapi Mebabu. Memang Majapahit tidak mengandalkan komoditas beras untuk export, melainkan mengumpulan dan memproses rempah rampah.

Sehingga kesempatan untuk mengembangkan rawa menjadi sawah tidak disia siakan oleh komunitas islam di Gersik, tepat perhitungan para pendahulunya, para wali generasi kedua berhasil mendapat dukungan kaum ksatrya dan kaum Brahmana dengan kelebihan ilmu dan budaya komunitas islam yang telah diciptakan di muara bengawan Solo. Yaitu mengembangkan semangat abu Dzar, dengan segala cara.

Pengajaran ilmu islam sangat digalakkan untuk mereka, kaum ksatrya dan brahmana Hindu, yang melihat di lingkungannya sudah dekaden.  Para idealis ini mendapat angin segar dari pelajaran islam para wali. Yaitu pelejaran ilmu makrifat islam dan hakikat islam, yang di selami para wali dari sumbernya langsung yaitu Al Qur’an dan Al Hadist Kudzi.  Dan gerakan, bacaan sholat  lima waktu, seterusnya diandaikan dengan buah blimbing bersisi lima rukun islam, dalam tembang "Ilir ilir". Adapun metoda megajarkan islam mengambil dari sumbenya al Qur'an dan al Hadist - adalah mengambil  tafsir dan makna dari induknya Al Qur'an - surah Al Fatihah seluruh textnya, (lha kenapa ditulis dalam mushaf  Qur'an jika tidak untuk dibaca dan digali apa maknanya ?), meskipun belakangan ada ajaran dengan banyak cara mengumandangkan ummul Qur'an ini - cara ini membaca yang bermacam macam ini timbul diantara penerus mubalegh islam. Pada zaman para wali, mereka megambil sumber ajaran bukan dari detail, surah demi serah al Qur'an ini, yang memerlukan belajar bertahun tahun  untuk menguasainya menurut Gus Mustafa Bisri. Para wali abad 13- 14 di tanah jawa mengambil jalan tabligh yang tepat, karena mengganti mentalitas Hindu - menjadi mentalitas semangat Islami. yang kala itu Hinduisme sudah dianggap pengap dari feodalisme dengan autarchy feodal, oleh sementara golongan kecil kaum brahmana dan ksatrya - mereka mengagumi ajaran egalitarian dan kelugasan dari Islam, waktu sholat berjama'ah semua lelaki dewasa sehat dan bisa sholat, boleh jadi imam/ pemimpin sholat berjama'ah ini.  Tedak heran kesultanan Demak juga didampingi oleh sidang para Wali - tidak memiliki sawah rawa yang dibuka dan dimilik para santri. Ini yang menjadi kelemahan kekuasaan Kesultanan dibelakang hari. Terbukti kesulitan Kesultanan jawa zaman berikutnya dari Pajang sampai Mataram - para sultannya berusaha "memiliki" sawah berpengairan, dan petani sebagai penggarapnya, dengan puncak kekuatannya pada pemerintaha Sultan Agung Hanyokrokusumo. Sultan Agung sudah berhasil mencetak kalantaka besar tapi sebagai kesultanan di pedalaman, sudah tidak membangun kapal besar tipe kapal bercadik seperti di gambar di candi Borobudur, dipersenjaai dengan itu......sayang.

Tindakan ini perlu kebersihan hati dan percaya diri yang sangat besar.  Prilaku dan pemikiran Kanjeng Nabi Muhammad salallahu allaihi wassalam , dan sahabatnya yang empat ditambah riwayat teladan Abu Dzar-yang dilupakan oleh para jamhur dan khilafah Islam,selama berabad abad, karean terlalu idealis dan sangat bertentangan dengan kaum feodal masa itu. Tapi berabad abad kemudian ternyata borok feodalisme sudah tidak bisa lagi menampung semangat kemajuan produktip kaum pedagang dan kaum terpelajar, hingga kini, bahkan di Arab Saudi.  

Ajaran para wali tanah jawa bukan ajaran gaya sekte sempalan, bukan sub mashab  islam, tapi ajaran pendekatan ke hakiki iman – diajarkan sorogan – dari mulut ke mulut –"ilmu iku kelakone kanti laku" – bahasa jawa ilmu itu nyata, sesudah  diserap dengan tercermin di perilaku, jadi ya menjalani rukun islam yang lima itu, ditambah dengan perilaku.   Disitu Bramana ksatrya  tunduk sejuk  pada Sang Guru – hidup lebih berisi, hidup berkonsentrasi – membuat dunia lebih baik – mejadi rakhmatan lil alamin.

Santri yang beruntung sepanjang sejarah pelajaran islam di Tanah Jawa, sesudah lima abad ini, masih mendapatkan serpihan pelajaran para Wali yang menggali  riwayat Abu Dzar ini, menjadi azimat hidup murni seperti di teladani oleh jendral Jusuf, Dr.Rizal Ramli, Hakim Kautsar.  Jendral polisi Hugeng Imam Santoso, Laksamana Srimulyono Herlambang,  Jendral KKO  Hartono.   Jendral Polisi Awaludin Jamin, Mereka yakini ilmu islam yang ini, bisa diringkas seperti biji merica yang diasah bulat, sak mrico binububud, lamun digelar bso ngebaki jagad. - tapi bisa digelar memenuhi dunia.  Diajarkan oleh para Wali tanah Jawa – dijahit kuat dengan ilmu  tarikat islam dan syari’at islam  yang  nampak pandangan mata – tercantum di tembang Ilir-ilir,  gubahan para wali tanah jawa, yang dilantunkan oleh cak Nun keliling dunia – sayangnya tanpa makna.( cari di blog ini)

Kesultanan Islam Demak Bintoro berdiri, jauh dari pusat kerajaan Hindu Majapahit, diwilayah yang diterlantarkan dirawa Demak Bintoro dengan potensi pengembangan 20 – 30 ribu hektar !  Yang berkembang jauh lebih kecil dari itu, tapi ngumpul jadi satu – kelebihan sawah rawa : tidak perlu mambuat jalan dan jembatan panjang yang sulit dan mahal – tapi transportasi dengan perahu datar, sampai penyosohan dan pelabuhan – Pamotan dekat Gresik sekarang Lamongan   dan  Jepara dekat dengan rawa rawa Demak.

Kesultanan islam bertahan 18 tahun, sesingkat itu, sejarawan ndak ada yang mau tahu. Dasar cuma tempe, isuk tempe sore dele. Raja touladan-nya Dr. Nugroho Notosusnto

Saya bukan ahli sejarah, tapi saya perkirakan, kesultanan yang didukung sawah rawa, yang mampu melayani kebutuhan pasar beras untuk export ke negeri China – dimana perang antar kerajaan kerajaan tanpa berhenti, menganggu musim tanam penduduk tani, merampok yang   sudah ada, membuat beras langka, di seluruh anak benua China, kelaparan merajalela. Sedang jung perahu layar china bisa dibuat di Semarang, 200 DWT.  sebab kayu jati dari sebelah utara  di lereng dunung Muria,  galangan dengan ahlinya ada – Semarang kota galangan prahu raksasa, dengan layar sutera – ringan dan luas – dengan daya dorong luar biasa – kebutuhan beras sangat mendesak – Demak Bintoro mampu melayani  semua – kurang apa ? tapi Masjid peninggalannya. cuma bertiang tiga, yang satu kayu limbah belaka. Apa Negara  kurang beaya ? Tapi sunan Kudus sudah bikin menara dari batu bata. Apa teman sejawatnya tidak setuju rakyat tani dinaikkan pajaknuya  ? Lha duit dari mana, kalok beras sudah diborong pedagang china ?

Pelayaran export nyaris berhenti karena  Vasco da Gama sudah merintis jalur pelayaran sampai ke laut China. Ke Selat Karimata ( akir abad 14 M)  Pembajakan meraja …. bukan lela – tapi cannon  besi kaliber  10 inci, dimuat berderet di lambung  galleon  300 DWT,  dengan layar dari kanvas  serat flax atau linnen ( belanda) ,  –

1,   Sedang armada Demak dan jung Cina membawa kalantaka  hanya 3-5 inci  dengan jarak tembak 300 meter. Sultan  Demak Laksamana  Adipati Yunus, kalah telak. Jadi pembajakan jung pengangkut beras dan perompakan di Kepulauan Maluku, bukan main kejamnya.

 2.  Terjadi  pesaingan dengan Kesultanan Demak untuk membeli beras dari petani, para pedagang china sudah jauh dari seberang lautan,  membeli “ijon” sebalum panen atau petani meng-gadai-kan-nya, tidak ada kesetiaan pada Negara. Jadinya Kesultanan  hanya mendapatkan income dari pajak bumi saja…… padahal pendapatan Negara yang terbanyak dari perdagangan beras export.

3. Adanya pedangkalan sistim irigasi rawa yan masif dari laar dingin gunung Merapi/Slamet, yang sulit dipulihkan kembali karena lahan sudah di gadaikan atau sdah si ijon. Akhirnya sumber perputaran ekonominya berhenti.

Bila dirunut sebabnya……. Ada pendatang baru dari Timur tengah……menistakan ajaran para wali – dianggap takhayul, bid’ah, dan churafat, melulu dari sudut pandang yang kasat mata, sangat cetek pengisian qolbunya.  Mereka berdatangan sampai sekarang.

Sedangkan petugas dari Kesultanan banyak dari kaum ksatrya dan brahmana yang  masih bermental priyayi, kurang sebat dalam dagang. Persis kayak Dr. Leni Sugihat, panen sudah selesai, gudang bulog masih kosong.

3.  Terjadi pendangkalan sawah rawa dari endapan lahar dingin yang sangat cepat dan merata, sehingga sangat merusak sistim pematusan dan pengisian irigasi sawah rawa – karena luasan lahan yang nyaris rata – sehingga dari design-nya,  saluran  aslinya harus dibuat dangkal dan lebar, sangat rentan terhadap pendangkalan sistim. Untuk memulihkan dengan cepat sistim pengairan wawa ini perlu beaya atau pengerahan tenaga yang sangat besar. Kasultanan Demak tidak mampu  mengerahkan beaya  atau mengerahkan petani untuk gotong royong karena sawah sudah  sangat kacau pemilikannya,  oleh cara beli atau sewa oleh pedagang china, yang sangat di nanti oleh jung jung di pelabuhan Jepara.
Saya kira ketiga kemungkinan , memang terjadi secara simultan.  Sebab semua memang terjadi berbarengan       Kesulitan esultanan islam yantg pertama ini, memilih pindah ke Pajang, orientasi  policy Kesultanan beralih ke Pertanian sawah dengan pengairan di ngarai bengawan Solo, di wilayah lembah yang dibatasi gunung Merapi  Merbabu dibarat,Pagunungan kapur  Kidul diselartan, Gunung Lawu ditimur dan Pegunungan kapur Kendeng di  utara – perbentuk seperti penggorangan.  Sultan memiliki lahan penggorengan ini disela sela Perdikan dari penguasa lama Majapahit. Ndak soal, kerana sebagian besar masih dapat dibangun sistim pengairan diluasan kipas lahar purba. Dari sumber air yang ada  diumbul  Cokro dan umbul Pengging, anak sugai bengawan Solo, sudah cukup unut 2000 -3000 ha sistim pengiran lembah dengan teknologi sedehana. Bahkan Belanda, menamakannya vorsten landen - tanah milik sang raja

Sedang pekerja pembangunannya para abdi prajurit, yang mendapat  “lungguh” artinya sebidang sawah dilemembah berpengairan sebagtai ganti gaji. Juga para bangsawan pengelola pemerintahan. Para ulama melorot jadi abdi kasultanan, bercampur gaul dengan Hindu jawa di Perdikan ( sawah bebas pajak dan kewajiban hadiah raja Majapahit) – seperti Pajang, Kajoran, Tingkir, Banyu Biru, jadi islam abangan. Tapi ajaran para wali islam masih masuk sampai kelubuk hati – menjadi prilaku para priyayi, dan para Kiai. Di pergaulan golongan ini Belanda masih mencari perwira peserta perang Jawa – berakhir 1830 – mereka sangat waspada, sampai ke generasi ke empat kelima, sebagian mereka, benar benar tercebur dalam kenbudayaan  Belanda . Sebagian besar malah sangat mengejutkan Belanda, kok bisa berperang mengadu jiwa, melawan mereka ? mereka anak Kiai, mereka anak priyayi, banyak yang santri, tahun 1945.


 Sebaliknya ada, diantar mereka, sholat  sampai kening hitam mengkilat, sambil mecari   kesempatan unjuk diri – ujung ujungngnya ya mencari rejeki. Jadi pemimpin reuni.*)

ini sudah daur ulang posting lama, jadi bila sudah pernah mebacanya ya tidak usah ikut dibaca.

edisi ke 2 : PERKEMBANGAN +ISLAM  SESUDAH MAJAPAHIT DI PULAU JAWA+ dari blog sesudah di edit 3/1/2018

Yang jelas, Majapahit runtuh  bukan karena perang dengan siapapun,     melainkan disebabkan oleh landasan ekonominya  telah  runtuh, tanpa bisa diantisipasi jauh jauh hari.                    Kapal jung dari China, menjadi lebih besar, guna mengangkut beras yang  lebih dibutuhkan, dan tidak bisa dilayani oleh pelabuhan pedalaman, di pinggir kali Brantas di Wilwatiktapura,  sekarag sekitar Trowulan, Mojokerto sekarang, sangat mendangkal  karena endapan pasir vulkanik dari gunung api di daerah tangkapan airnya, terutama gunung Kelut, dan gunung Anjasmoro. 
Sedangkan memang komoditas beras sangat memerlukan transportasi dari sawah  peninggalan zaman sebelumnya,  sawah dengan pengairan berundak di lereng lereng  gunung yang terpencar pencar, sehingga sulit sekali untuk mendapatkan ready stock beras sebanyak muatan  3-4 jung besar dalam waktu sebulan misalnya, katakaan sampai 1000 ton beras di pelabuhan   dalam, dengan draft 2 -2,5  meter, di laut Jawa atau selat Madura.   Sedangkan ulama islam, sejak berdirinya kerajaan Majapahit telah membangun persawahan pasang surut dan persawahan di rawa rawa  muara bengawan Solo dekat hunian kaum muslim di Gresik, sejak pada abad ke 12 M. dengan teknologi dari Mesopotamia, menggunakan alat pengukur optik, ciptaan Al Haitham,   ulama islam ahli optika, disempurnakan dari kebudayaan Babylonia, oleh ulama islam, dari prototype  teodolit, untuk mengukur kontur dasar rawa. Rawa yang luas dengan cepat dipetakan untuk rencana pembangunan saluran saluran pengairan, bisa diukur  meskipun dari wilayah rawa yang luas. oleh sunan Kalijogo, (arti nama itu penjada sungai) dan gurunya sebelum zaman Demak. Menggunakan dasar rawa paling dalam untuk dilewati saluran pematus guna menurunkan permukaan air di area yang sama sama tergenang air, baik rawa pasang surut maupun rawa akibat aliran sungai terhambat, seperti di Demak Bintoro, karena aliran sungai melewati lembah buntu seperi Demak Bintoro, jadi dasar rawa yang tinggi menjadi cukup dangkal untuk tanam bibit padi, menjadi lahan sawah, yang bisa mendapat air pengairan sepanjang tahun. Pencetakan lahan baru sawah ini tidak bertentangan dengan kekuasaan Majapahit, malah mendatangkan penghasilan dari katakanlah “pajak” exportnya. Dengan demikinan selanjutnya pondasi dari kerajaan islam Demak Bintoro menjadi kokoh. Karena sekitar Demak memang areal rawa yang sangat luas, bisa di cetak sawah puluhan ribu hektare, karena dari tangkapan air di lereng timur gunung Merapi Merbabu, lereng utara pegunngan Kendeng, lereng timur dan selatan gunung Telomoyo di Semarang, terhadang ke laut oleh kaki dan lereng selatan gunung Muria !! .                       
Lha ulama  Jawa, mulai dari para wali zaman Demak, telah mengajarkan ilmu  hakikat islami dan makrifat islami digali dari isyarat isyarat dalam syari’at islami yang kasat mata. ( tembang dolanan ilir Ilir itu ciptaan para wali)
Diajarkan secara estafet, sorogan dari mulut ke mulut, dari generasi ke generasi untuk  mengatasi ajaran dharma dan karmapala yang tanpa ampun terhadap segala kesalahan manusia, dari agama sebelumnya.                Karena isyarat yang diberikan oleh bacaan dan gerakan sholat itu adalah inti sari ilmu hakikat islami dan makrifat islami, yang di design oleh ALLAH subhanahuwata’alla sangat sederhana dan mudah dimengerti oleh manusia diseluruh dunia. Jadi ilmu hakikat islami dan ilmu makrifat islami tidak sulit sulit  amat untuk dimengerti dan dijiwai oleh para murid para wali tanah Jawa, dan anak pinak murid muridnya, meskipun belakangan sesudah Demak sangat banyak ulama belajar dari Timur tengah berdakwah dikalangan akar rumput dengan besorban dan jubah, brewok jenggot aneka macam, menawarkan sorga dan menjatuhkan ke neraka mereka yang secara kasat nata beda dengan dia. Malah menyebarkan ramalan ramalan akhir zaman,mereka artikan secara harfiah, seperti kembali ke kekhalifahan islam.   Apabila pada permulaan kerajaan islam di Jawa, para ulama ikut berperan aktip membangun dasar ekonomi dengan  membangun pondasi ekonomi, sawah rawa, sesudah Kasultanan Demak bintoro fungsi ulama islam surut, karena tidak berperan dalam kemajuan ekonomi, baik infra structure maupun perdagangan, karena gangguan alur pelayaran yang semakin  gawat dari pembajakan galleon galleon Portugis,pondasi karajaan islam yang pertama ini pudar.  Pada kelultanan Pajang, Sultan berusaha agar sawah berpengairan ini menjadi melik kesultanan, dan para prajurit sebagia penggarap, juga para Pembesar kesultanan kerajaan Pajang.  Kerajaan baru ini  hanya didukung oleh produksi beras dari lembah tepi barat bengawan Solo,  sawah berpengairan dari sumber air di ngarai, lembah antara lereng barat kaki gunung Lawu sampai tepian barat bengawan Solo ,lembah antara pegunungan kapur di selatan, Gunung Merapi dan Merbabu di barat dan Pegunungan kapur Kendeng di utara, merupakan dataran rendah bengawan Solo, kali Pepe dan kali Dengkeng di dataran landai  menyatu dengan bengawan Solo,  sebagai anak sungai yang sangat pendek  mengalir di lembah berbentuk seperti alat penggorengan. Dengan ketinggian beberapa puluh meter diatas permukaan laut. Perpindahan ibu kota sekaligus pengalihan rekayasa teknik pengairan sawahnya.-  juga membuat surutnya pegaruh para ulama islam dalam politik pemerintahan para Sultan, mulai zaman Panemhana Senopati di Mataram Kerto, Amangkurat I Mataram Plered, dn Kartasura kemudian pecah dua jadi Srakarta Hadiningrat dan Ngayogyokarto Hadiningrat.
Dari semula, pada zaman terdahulu, sawah berpengairan  merupakan modal kekuasaan semua kerajaan di pulau Jawa, kecuali Majapahit. yang bertumpu pada perdagangan rempah rempah. Tidak seperti kerajaan Hindu yang hingga sekarang masih ada di pulau Bali, menciptakan sistim saluran pengairaan subak sebagai penopang ekonominya., dikepalai oleh kaum brahmana sebagai Sedahan agung.  Bila persawahan rawa ini dimotori oleh para ulama islam yang menyediakan teknologi sekaligus para santrinya, sebagai tenaga penggerak pembuat saluran, oleh sebab itu sidang para Wali sangat besar pengaruhnya terhadap pemerintahan Sultan Sultannya.                                                                                                          Maka pengairan dari sumber dataran rendah ( umbul Cokro, umbul Pengging) adalah danau  kecil di dataran  70 - 80 m diatas permukaan laut. Dengan debiet lk. 1500 liter per detik, setiap sumbernya,  digunakan sebagai  pengairan sawah dengan sistim saluran ke areal sawah bawahnya, hingga tepian barat bengawan Solo. Wilayah yang oleh Penjajah Belanda disebut Vorstenlanden. Yang pemiliknya adalah Sultan. 
Pembunuhan amirul mukminin di tanah Arab jauh sebelumnya, pendukungnya mengajukan pembenaran pembenaran dengan ngotot, sehingga sangat menimbulkan pertentangan, diantara kaum muslimin, gemanya sampai kesini juga setelah berabad abad.  Lha ulama  Jawa, demi menghindari dari dampak itu, mulai dari para wali zaman Demak, telah mengajarkan ilmu  hakikat islami dan makrifat islami digali dari isyarat  isyarat dalam syari’at islami yang kasat mata. Diajarkan secara estafet, sorogan dari mulut ke mulut, dari generasi ke generasi juga untuk  mengatasi ajaran dharma dan karmapala yang tanpa ampun terhadap segala kesalahan manusia, dari agama sebelumnya.
 Karena isyarat yang diberikan oleh bacaan dan gerakan sholat itu adalah inti sari ilmu hakikat islami dan makrifat islami, yang di design oleh ALLAH subhanahuwata’alla sangat sederhana dan mudah dimengerti oleh manusia diseluruh dunia. Ajaran dari kedua ilmu islam ini sangat memikat para brahmana dasn ksatrya, yang sudah muak dengan ajaran agama sebelunya yang sangat feodalistic dan dekaden, jadi para wali tanah jawa memang mendapat dukungan kaum intelek, sebagian dari kaum ksatrya dan kaum brahmana yang memang dibutuhkan.

Sebaliknya dengan para Sultan islam, yang menjadi penerusnya, sangat  tergantung pada hasil sawahnya, sangat memperhitungkan penghasilan berasnya,  bahkan pemberontakan, seperti yang terjadi di Mangir dan Kajoran pada era kerajaan Mataram abad ke 16 -17 yang selalu dapat dipadamkan. Sedangkan pada zaman kasultanan Demak saja yang masih didukung oleh persawahan rawa luas untuk exsport, masih membutuhkan log/gelondong kayu jati dari Wengker ( wilayah Ponorogo) yang sangat mudah dihanyutkan lewat kali Madiun anak sungai bengawan Solo. Demak merasa dirintangi oleh pemangku  wilayah sebagian dari  Wengker, dibawah keturunan pemangkunya yang mendapat mandat dari Majapahit, Kiageng Kutu. Sosok sakti dari sincretisme Islam Hindu jawa. Demak tepaksa minta tolong kepada Kiageng Gribig dari Sengguruh/Malang sekarang,  yang telah membersihkan kaum Bhairawa di sana. Beliau merupakan turunan ketiga dari Sunan Giri Kedaton. Moyang Sunan Giri Kedaton ini Syech Jumadil Qubro pendahulu dari wali islam di Demak, telah mengalahkan  aliran  nyleneh dari hinduisme, yaitu aliran Bhairawa. ( google, idesubagyo.blogspot.com  Matahari Terbit di Wilwatikapura tayangan 2013) . Kiageng Gribig mengirimkan putranya Kiageng Mirah, untuk membantu utusan Demak, Bhatoro Katong, sehingga Kiageng Kutu bisa ditaklukknan. Untuk selanjutya keturunan Kiageng Mirah bermukim di Ponorogo, salah satunya adalah Kiageng Ngalimuntaha Mohammad Besari yang dimakamkan di desa Nglames. utara Madiun, kecamata mBagi.  Pada akhir Perang Diponegoro beliau sudah berusia hampir tujuh puluh tahun, masih menyelenggarakan sistim lintelijen lapangan yang sangat diperlukan oleh pasukan gerilya perang Jawa ini ( 1825-1830), dengan mengamati gerakan pasukan Marsose Belanda dari Benteng Ngawi, yang merupakan pertemuan sungai Madiun dan Bengawan Solo,  Ngawi sangat strategis karena merupakan jalan angkutan perahu ke tiga arah, ke Ponorogo -, Madiun, ke Solo dan ke Surabaya. Berita gerakan pasukan  lewat ketiga arah ini dipantau dan diberitakan dengan puluhan kurir terpercaya sambil membawa pesan berupa kacang tertentu sebagai contoh dagangan, ( jumlah pasukan) para kurir berkuda secara estafet, kurir yang  kesehariannya menyewakan kereta kudanya ke para marsose senior yang memelihara istri simpanan di desa desa, sedang kuda kudanya bila perlu bisa dikendarai oleh kurir dengan cepat,   ke tiga jurusan, sehingga kurir kurir ini tidak tahu siapa sebenarnya penerima contoh dagangan dan disampaikan kepada siapa.  Saat daerah Nganjuk mamanas, pada akhir perang Jawa, setengah batalion marsose dari Ngawi dikirim ke  timur mudik sungai Madiun, mendarat di desa Mbagi, untuk melanjutkan  dengan baris jalan cepat, 55 km ketimur, lewat lereng utara gunung Wilis. Di tepian barat sungai Mediun, tepatnya di ladang kering desa mBagi, sudah dihadang oleh pasukan gerilya simpatisan Diponegoro, dan dipukul mundur,  dengan banyak korban, dikenal dengan perang Mbagi. Sang Kiai sepuh sangat hati hati,  berendah hati, selamanya tidak pernah pergi dan menerima tamu asing, sehingga tidak diketahui  peranan-nya  baik oleh kawan maupun oleh lawan. Itulah yang membuat upayanya sebagai intelijen tidak terungkap sampai perang Jawa dimenangkan oleh Belanda.  Hanya gambarnya dibuat kumpeni untuk arsip, dan pengawasan gerak geriknya, sebagai sosok cerdas, yang bisa diduga juga memiliki pengetahuan strategi militer. sampai sekarang masih ada. Hanya dekat sekali dengan rumahnya didirikan sekolah sampai kelas lima, oleh kanjeng Gupermen, sesuai dengan kebutuhan kecakapan yang diperlukan oleh para kepala mandor kebun tebu (kometir- gecomiteerde) dan pegawai kecil di kaonderan dan kawedanan, istilanya program pasifikasi, sampai th 1952  sekolahan itu masih ada, sedang di dekat masjid lain misalnya di Gebang Tinatar tidak didirkan sekolahan semacam  itu, apalagi di desa. Ini termasuk program pasifikasi wilayah jajahan.
Banyak nama ulama dengan nama Besari di kawasan Madiun Ponorogo Pacitan dan Solo, seperti Ki Ageng Anom Besari, yang makamnya di Caruban, ,dan banyak sosok Besari, yang kiranya merupakan murid dari  satu ulama sufi,   sangat mungkin beliau berasal  dari Lebanon sekarang. Para murid beliau  yang berhasil menguasai ilmu sang guru, seperti Kiai Ageng Ngalimuntaha Mohammad Besari dari desa Nglames Madiun diperbolehkan memakai nama beliau, juga Kiai Ageng Muhammad Besari dari Gebang Tinatar, Ponorogo. Kiai Imam Besari di  Jatisobo, Bekonang Solo, dari Pacitan, sebab kata Besari di Libanon adalah nama satu tempat dekat dengan tempat kelahiran sastrawan humanist zaman ini, yang bermukim di Amerika, Kahlil Gibran (google kata kunci  the birth place of Kahlil Gibran). Jadi pasti ada ilmu sufi/makrifat  islam dan hakikat islam yang sama dari semua yang menyandang nama Besari.  nama ulama Besari ratusan tahun yang lalu, dari wilayah Yogya, Pacitan, Solo, Ponorogo, Madiun, Caruban, belum pasti mereka dari satu induk pohon ginealogi, tapi mungkin juga putra/kerabat, rupanya para generasi ke tiga sudah tidak berhak memakai nama itu. meskipun telah  di wejang  ilmu ini dari tangan ketiga, yang pasti mendapat ajaran yang sama. Yaitu ilmu HAKIKAT ISLAMI DAN MAKRIFAT ISLAMI, yang intinya tentu cocok dengan ajaran para wali jawa terdahulu.                                                                             
Kedua pengetahuan islam ini hingga sekarang di Saudi Arbia sangat  dibatasi penyebarannya, oleh Pemerintah Saudi Arabia (google kata kunci Sumanto al Qurtubi – Wahabi KW ) beliau seorang lecturer mengenai science di Riyad King Faisal University. Rabaan  saya, ajaran hakikat islami dan makrifat islami dengan isyaratnya  dalam kalimah tauhid menunjukkan hanya al Qur’an dan Al  Hadist sajalah asal aturan nas  bukan dari  yang lain, sedangkan generasi yang ada dibawah khalifaurasyiddin saja,  telah menodai dirinya dengan pembunuhan  pembunuhan  amirul mukinin-nya.   Sehingga banyak hujah  untuk pembenarannya yang bias    menimbulkan pertentangan, diantara muslimin, makanya abad ke 15 M  ulama islam di jawa sangat berusaha menghindari dampak hujah hujah itu, dengan ilmu hakikat islam dan makrifat islam langsung dari sumbernya bacaan dan gerakan utama sholat wajib, dan sunnah nabi pada awal wahyu diturunkan, waktu masih belum ada suku atau kabilah yang ikut ikut, kemudian merasa berhak sebagai penerus jadi Amirul Mukminin, melainkan perorangan, dan istri Nabi Muhammad s.aw..belum ada dukung mendukung. Para Wali menelad sebagai patokan para  sahabat Nabi yang tercocok karena cakaplah maka dipilih jadi Amirul Mukminin,

 Persawahan rawa yang lebih unggul dari persawahan berundak dalam  transportasi hasilnya, padahal kerajaan Pajang dan Mataram mendasari ekonominya dengan sistim pengairan dari sumber air dataran rendah, tanpa bantuan dari kaum ulama, juga masih kesulitan dalam transportasi hasilnya,  Hasil karya pembangunan sarana ekonomi ini dimanfaatkan sepenuhnya oleh para penguasa. Di Kesultanan Mataram, mulai dari pendirirnya – Panembahan Senopati, mendasari pengairan sawahnya dengan membendung sungai di Wilayah Yogya sekarang, sungai sungai yang mengalir ke selatan, yang merupakan sungai pendek dengan wilayah penangkapan air di lereng tinggi gunung dan dataran tinggi – beberapa kilometer sepanjang pinggang gunung membentuk jurang dalam, akhirnya beberapa puluh kilometer dibawahnya membentuk kipas lahar dingin di wilayah luas terbentuk dalam waktu jutaan tahun,  peberapa puluh  kilometer menjadi sungai dangkal, yang mengalir deras didataran rendah,  mudah sekali dibendung dan dinaikkan permukaannya dengan  sistim bendung “plered” jaitu luncuran sisa aliran air sungai yang tidak masuk dalam saluran pengairan. Bangunan bendung sistim plered ini menjadikan bendung lebih kuat menahan air bah, dalam legenda bangunan pengairan ini menjadi nama pusaka andalan Mataram tombak Kiai Plered - saya kira in hanya samaran dari andalan kerajaan  Mataram. yaitu bendung yang berupa plered.
Juga bendung batu kali  rendah untuk mengalirkan air pengairan kedataran kipas lahar dingin yang  sudah melapuk  berabad adad  sebelumnya, sudah memadai untuk mengairi sawah areal itu beberapa puluh hingga ratus hektare.  Jelas sistim saluran  pengairan ini tidak memerlukan teknologi yang terlalu tinggi, dari para ahlinya, yang semula dimiliki oleh para wali islam tanah Jawa.  Tidak heran nama istana keraton  ibu  kota Mataram zaman  pemerintahan sesudah Sultan Agung diganti  dengan nama Plered, disitu air sungai dinaikkan dialirkan ke saluran irigasi, untuk mengingatkan abdi petani, bahwa sang Sultanlah yang menghadiahi air.  sebagai  "Trahing kusumo rembesing madhu, satrya handana warih, tedhake  wong hamara tapa"  begitu dilukiskan sebagai tembang suluk  janturan para dhalang  wayang purwa ”. Handana warih artinta memberi sedekah air - irigasi  Sebelumnya ibu kota Mataram namanya Kerto. Sedangkan gelar Sultan Agung adalah Sultan Agung Hanyokrokusumo  Senopati hing alogo Sayidin Panotogomo Khalifatullah tanah Jawa. Tanpa di jajari oleh pemuka agama- ulama atau sidang para ulama.  Malah pada  pemerintahan Amangkurat I,  terjadi suatu masacre pembununuhan besar besaran terhadap para ulama di Plered/Kerto konon menurut buku terjemahan oleh Belanda “Babad Tanah Jawi” huruf latin, dalam satu  hari telah dibunuh 10 000 ulama islam  di ibu kota, didakwa berkomplot melawan Sultan.  Saya kira ini sangat dibesar besarkan, demi politik devide  et impera Belanda yang sangat ampuh. Buku ini susah payah diterbitkan dalam tulisan latin, oleh percetakan J,B,Wolters, Groningen Batavia, agar dibaca olen kaum abangan yang tercipta oleh etische politiek di Hindia Belanda,yang akan menimbulkan jijik kaum menengah kepada penguasanya: para Sultan. Selanjutnya terjadi exodus, pelarian besar besaran para ulama dan  santrinya dari ibu kota dan kawasan sekitarnya ribuan keluarga para santri dan ulama, lewat  route selatan yang sepi, sepanjang pegunungan kapur selatan, Wonosari  Wonogiri Pacitan  Ponorogo Trenggalek Tulungangung Kediri  Jombang selatan  Bangil Pasuruan  Probolinggo Lumajang Jember hingga  Asembagus. Di lokasi lokasi tersebut bertebaran para ulama dan santri pelarian ini bermukim.
Berbaur dengan orang setempat, tentu  saja pelarian pelarian ini sesuai dengan kondisi kelurganya, akan bermukim dimana mereka bakal merasa aman. Tentu saja mereka memilih daerah yang relatip subur dan air sumur untuk air wudhlu mudah didapat. Kebanyakan masyarkat petani jawa dipelosok  route pengungsian ini  masih setengan Hindu dan setengah menjalankan ritual animisme. Bisa ditebak para ulama yang tinggal di jalan pelarian tersebut diatas akan berinteraksi dengan penduduk petani  budaya setempat, saling menyesuaikan diri. Apa yang didapat selama bermukim di kota kerajaan, tidak akan dikenal oleh penduduk setempat. Yang paling mudah menjadi pelipur lara dan dasar pergaulan dengan masyarakat setempat adalah pengertian dan toleransi terhadap budaya lain, yang masih lekat pada karmapala dan dharma sayup sayup, ada pada sanubari penduduk setempat, sedang ajaran agama islam dipilih yang paling sesuai dengan siituasi. Merekalah cikal bakal pesantren yang ada di sepanjang route pengungsian abad ke 17 tersebut. Untuk memimpin masyarakat pelosok yang masih setengah animis ini, yang sangat  menarik minat mereka terhadap ajaran para pendatang baru ini sdalah semacam  ilmu gaib, debus, rodat, reog ponorogo, kuda lumping, silat stroom, mampu menghimpun pengikut baru. Maka makin susutlah ajaran syari’ah yang  mengenai larangan thakhayul, bid'ah   dan khurafat.
Kekurangan para ulama dan keturunan mereka dibidang Agama islam, sedikit demi sedikit diisi oleh pengembara baru dan pendatang baru yang berguru di Mekkah dan lain tempat di timur tengah, berabad abad kemudian hingga  sekarang, yang berkisar pada ilmu bahasa Arab yang adiluhung, sepeti yang dikuasai oleh Prof Qurais Sihab dan Gus Mus, adab dalam menjalankan syari’ah dan hidup secara islami seperti yang di Timur tengah,, dengan cara para habaib,  tanpa mempertajam ilmu hakikat islami dan makrifat islami, karena ulama yang baru datang belakangan tidak diajari peka menangkap isyarat isyarat dari syari’at islami dan bacaan wajib waktu sholat, (jangankan peka, ya Mas Pati ? Ajarannya saja kebanyakan dihapus dari khazanah ilmu ilmu penting  islam ( Sumanto Al Qurtubi islaModerat.com. wahabi KW) karena dorongan watak egoisentris ulama baru dari timur tengah ini untuk menjadi guru mursyid guna mendapatkan taklid (sumpah setia, tunduk tanpa tanya) dari pengikutnya, yang berujung pada masyarakat yang monolit berkhilafah, islam thok.                                                                                       Ini lebih penting dari pengetahuan yang tidak kasat mata dari  ajaran islam, meskipun pengaruh pengertian ilmu ilmu mengenai ajaran hakikat islam dan makrifat islam akan muncul dalam perilaku dikancah pergaulan masyarakat, bisa memancarkan watak yang sangat  penting, yaitu sabar, toleran, rakhman dan rakhim terhadap sesama hidup, dan mendasari tindakan perilaku dengan ilmu ilmu nyata yang moderen. Watak idealnya priyayi jawa, sampai Belandapun tidak bisa menebak pikirannya. 
Mereka kaum muslimin Jawa yang berabad abad yang lalu sudah jauh dari kekuasaan Kasultanan, bentuk kekuasaan  yang sudah menuju ke autarchy feodalistis murni mulai dari Sultan Agung, malah hidup sebagai perajin bathik, tenun dengan seluruh puaknya memelihara masjid dan memberi pelajaran kepada puaknya sendiri, mengajarkan ilmu tasawuf ini dengan diam diam, menghasilkan sosok sosok islami yang hidup zuhud, dan hanya memberi petunjuk kepada anak cucunya sendiri, sambil mewarna kain bathik dan membathik atau menenun untuk menopang hidup keluarganya. Antara lain  model stereortype keluarga besar Kiai Ageng Ngalimuntaha Muhammad Besari. Sedangkan waktu Perang Diponegoro beliau sudah berusia antara 70 tahunan,  menciptakan jaringan informasi intelijen lapangan dengan sangat rapi, memantau gerakan militer marsose dari benteng bentengnya, antara lain yang ada di pertemuan dua sungai Bengawan Solo dan kali Madiun, benteg Ngawi.  
Belakangan setelah Keturunan para ulama pelarian dari Mataram menjadi kelompok uzlah, artinya menjauhi budaya penjajah secara heroik memisahkan diri dari upaya etische politiek Hindia Belanda, bersarung nglinthing dan berbadan aking, berkudis disela jemarinya, (google, kata kunci Islam moderat) sayangnya dijalankan dengan membabi buta, terutama dalam hal menolak ilmu moderen dan hygiene. Jadi sasaran cibiran dan hinaan Mohamad Basya Dahlan agen dari Dr. Snouck Horgronje, diseludupkan di Muhammadiah, memberi dukungan dan dana besar, sekali lagi upaya memecah belah antara pengikut dua sahabat dengan devide et impera, Kiai Hasyim Ashari dan Kiai Ahmad Dahlan, dua sosok besar Islam yang sangat ditakuti Belanda, sesudah Perang Jawa.( Pekalongan.utara.bersatu.com. judul meluruskan sejarah ).
Dalam perang kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan banyak muslimin,terpesona ajaran islam dari ulama baru dari timur tengah yang penuh dengan ide khilafah  diperkuat dengan slogan slogan dari kitab kitab bahasa arab, budaya timur tengah: sewaktu waktu, tumbuh sayap tegas dari pegas yang “forged  in fire" muncul disetiap gerakan dan organisasinya, selalu mempunyai sayap organisasi tumbuh tanpa kendali dari organisasi induknya. Sangat sulit dipegang  tindakan politik praktisnya, karena kaum tetua-nya saja masih terjebak dalam dilema mereka:                                                                        Dalam "ad dien" islami. yang diperjuangkan kaum muslimin itu apa bisa berdampingan dengan masyarakat plural ?  Apalagi dalam khilafah dari Jayapura Sabang sampai Maroko. Untuk mencapai itu apakah bisa dengan damai ?    
Padahal ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia jelas ada. Ini nomer satu, rakyatnya pingin damai, kemakmuran dalam keadilan - harga mati. 

Jangan khawatir, ndak usah plin plan,  "ad dien" itu bakal mendunia, bila dodot tidak bedah di pinggir, yang kasat mata berkibar kibar menyolok mata, kalau bisa dijahit dijlumat  menyatu dengan seluruh segi empat kain penghias pinggang, dodot, sangatlah elok. Seperti lambang bilangan huruf arab, nggak ada yang demo, ndak ada yang sweeping, dengan sendirinya dipakai semua orang semua computer, diseluruh dunia, pemberantasan maraknya HIV yang menetaskan AID, dari hubungan sex sembarangan yang sudah sangat dicermati pelaksanaannya oleh "ad dien". Mbok dicoba, semua santrinya mengurangi rokok ? wong secara global rokok sudah ditandai merusak kesehatan, menjadi cara yang handal untuk mengeruk keuntungan, Sedang di Arab saudi saja sudah di larang ?
Dalam aturan perdagangan islami, mendadak saja dengan cara kapitalis  murni ada Negara yang menawarkan win win solution kepada negara miskin ndak kuat bayar, untuk membangun infra strucutre,  mengajukan syarat mirip cara perdagangan yang dianjurkan Islam, apakah dagang cara islami ini tidak bakal mendunia ? Tanpa di demo ramai dengan gembar gembor ? Atau perang  ISIL ?
Dunia perlu disayang, resources alami terbatas, kalau dunia mau selamat ya harus diatur bagaimana  menggunakannya, itu namanya dalam rangka "ad Dien". Satu keyakinan ideologi : yang  aturan "ad Dhien" islami ini, mau atau tidak harus diikuti oleh orang sedunia, perlu disadarkan, ndak menyinggung harga mati kita, harga mati orang Amerika orang  Europa, orang Rusia orang China orang Jepang, orang Korea orang India.  Kecuali si perusak alam, si pemakan rente, si hangkara murka, si kartel, si neo liberalis, menggunduli hutan, membakar gambut, menggerogoti gunung, dengan kapal ratusan ton menyeret jaring trawl/centrang ngeruk sampai kedasar lautan dangkal - lha kok ponakan njenengan malah cengengesan, membela mereka ?> sampah plastik, ya sampah politik, perusak generasi manusia dengan narcotics dan HIV, rak enggih ta Pak Yai ? Kalok gitu ya monggo kerahkan santri njenengan, ndak usah bawa golok, jadi counterparts relawan pelindung lingkungan hidup.
 Sedangkan keturunan ulama jawa yang jauh dari kekuasaan,  tidak menghimpun pengikut dari golongan bawah dengan daya tarik setengah magic.( Satu bait dari Wedhotomo : "Kekerane ilmu karang, kekarangane bangsane ghaib - syair Wedhotomo oleh Mangkunegoro IV.)  Jadi kelompok yang pertama  menggeluti ilmu barat dengan belajar di sekolah sekolah sejak zaman etische politiek 1870-1890, dan ilmu ilmu moderen dari barat, sambil mempertahankan ajaran yang tidak kasat mata, dalam ilmu hakikat islami dan makrifat islami. Hafalan-nya hanya kitab Turutan/ Jus  Amak, jus yang dalam Al Qur'anul karim, berisi surah surah pendek dari Al Qur’an yang dibaca sebagai lanjutan dari ummul Qur’an  Al Fatihah  wajib diucapkan pada setiap roka’at. Untungnya masih ada isyarat isyarat ilmu ilmu penting yang sudah dijabarkan para wali tanah jawa  jauh jauh hari, dan masih dilantunkan oleh cak Nun dengan Kiai Kanjengnya. tembang dolanan "ilir ilir"   ( di postingan  blog ini tepat sebelum yang anda baca ini)  Anda jangan malah mencerca, ucapan "robil ngalamin" minta dikagumi, sudah mahir tartil dan tajwid, nhwu dan sorof belajar tatabahasa Arab yang adhiluhung berpuluh tahun, lha laku watak anda dalam ,masyarakat gimana ? 

Sayangnya kok di youtube tidak dijabarkan sekalian maknanya "ilir ilir" itu
Kedua model perkembangan agama islam ini bertemu di zaman pra –kemerdekaan.  ,Cacatnya para Amtenaar / kaum menengah ciptaan Belanda, jadi islam abangan yang sering melupakan sholat lima waktu dan  puasa wajib, malah di maklumi oleh Raja Mangkunegoro IV, dengan  syair gubahan beliau mengenai etika dan moral abdi Kraton - serat Wedhotomo, pemerintah Hindia Belanda tidak membredelnya, MUI belum ada.                       Sedangkan para santri yang uzlah,  terpesona pada hujjah para ulama yang berguru dari timur tengah,  sebab bangsa kita sendiri, seperti ustadz Firanda ( google kata kunci  biodata Firanda  )  yang dibesarkan di Sorong Papua, bermukim disana juga tidak mengenal toleransi dengan tetangga, yang bukan golongannya pun dibilang kafir, mau tawuran, sweepingpun sulit karena setiap oasis terpisah dengan padang pasir yang luas. Dan orang Arab kini sangat menghormati kebebasan individu, hanya memperlakukan peraturan agama pada dirinya sendiri ( google, islaModerat .com, Sumanto al Qurtubi, wahabi KW) Mau demo 411 atau 212 penduduknya cuma hitungan  jari, ya pindah lesini.         Yang tinggal disatu oasis harus seragam, yang beda ditindas, mau lari kemana ? Tidak kekurangan  apapun semua dibeli dari Amerika. Petrodollarnya masih mengizinkan.
Zaman mengisi kemerdekaan Indonesia  dengan tantangan baru, satu Negara yang multi budaya, satu Negara yang penduduknya sudah multi agama, harus dipersatukan  oleh kepentingan bersama. Mempertahankan kehidupan warganya dengan  warisan kakek moyang dan cadangan bagi para generasi mendatang, dengan kemakmuran yang berkeadilan.  Itu saja ditinggal lari, oleh sebagian kecil warga kita, yang mengirim uang haramnnya ke Panama, pulau Kayman, Swiss, Singapore, untuk menghindar pajak yang tidak seberapa, kartelnya disini, jadinya kapan ada kemakmuran-nya ?  Di kancah penggunaan fasilitas Negara, anggaran Negara, juga Kekuasaan Negara digunakan mengeruk bersama kartel Usaha e-KTP.. Pembalakan liar, Agen kapal keruk ikan “centrang” , pemerasan anak anak buruh pabrik mercon, penimbunan beras a'la PT Ibu, impor daging sapi, penilepan trilyunan kredit bank pemerintah kita a'la BLBI, menteri sudrun mengobral over budgetting Kementeriannya, semua gak ngaku, bersih, mulus. E akhhir tahun ketangkep OTT deputy  menteri olah raga yang dari partai santri  - Ini mestinya yang jadi deputy ya separtai - bukan PNS karir tapi sosok yang 'luas' pergaulannya seperti layaknya orang swasta ! Cedhak nogo gupak - kebone sudah ngandang. 
Sampai disini bebas, akan jadi  koruptorkah dengan berkartel dan berKKN, menyusup  dengan kekuatan internasional, atau jadi warga yang zuhud sebagai warga negara yang baik, mestinya sejarah ajaran islam di Nusantara, sebagai contoh di Jawa, sudah mampu menunjukkan beda antara mereka yang egosentris despotis a’la timur tengah,  grusa grusu memaksakan kehendak dari para habib - dengan/atau mereka yang mementingkan masyarakatnya dengan hidup bersih, sederhana dengan hati dan mementingkan kepentingan umum, Bangsa dan Dunia, seperti bedanya model(A) Gus Dur dan model(B) Lutfi Hasan Ishaq,   sangat nyata,  Pak Jokowi adalah model(A) dengan kerja kerja karja mengejar dibangunnya infra structures  dasar dari kemakmuran yang berkeadilan- yang malah dicibir dilecehkan oleh warga khilafah islam dari Jayapura Sabang sampai Maroko, para saracen, muslimin khilafah, malah ponakan saya sndiri yang suka nulis ujaran kebencian di face book, anggauta Front embuh membela apa, gitu kok minta direken*)




0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More