Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Kamis, 27 Desember 2018

PERKARA HAK MILIK YANG GAWAT.

Manusia bedbeda dengan hewan liar, sama sama makhluk bertingkat tinggi, tapi lain wataknya dari sikapnya terhadap HAK MILIK. Kesadaran makhluk bertingat tinggi di dunia ini hanya beda di KEANEKA RAGAM-NYA, DAN  UKURAN RELATIPNYA DENGAN BADAN WADAGNYA,

Makanan dan hunian yang menjadi sasaran utama dari hak mIlik makhluk tingkat tiggi ini, sesudah itu baru perangkat reproduksi jenisnya.  AGAMA, karunia dari Allah yang diberikan pada makhluk manusia – dengan para Rasul, Utasan Allah diantara makhuk tingkat tertinggi di dunia ini.  Jadi kaum yang mempunyai otoritas dalam hal Agama yang paling berhak bicara mengenai hak milik makhluk tngkat tinggi dipuncak piramida hidup ini –

Contoh yang bisa diambil adalah bagaimana factor utama kehidupan manusia ini  - makanan>hunian>reproduksi> kesadaran  mengenai hak milik ketiganya diatur - di masyarakat Amerika Serikat dan masyarakat Mexico.

Yang pertama, sebagai dasar utama untuk mengatur hak milik manusia adalah agama – jadi apa yang terjadi antara kedua masyarakat diatas  ya apa kata aturan agamanya…… Kedua masyarakat diatas sama sama mayoritas menganut agama Nasrani, yang satu campuran airan aliran Nasrani Pembaharuan yang lainnya mayoritas Katholik Roma.

Apa yang kita lihat – Amerika Serikat alamnya kaya – Mexico ya tidak kalah kaya, minyak mentahnya di teluk Mexico melimpah, iklimnya lebih hangat sehingga tanaman budidayanya sangat beragam, semua digemari oleh orang dari masyarakat Amerika Serikat, dari avocado sampai ocra. Hanya perkembangan industrinya lain. Yang satu idustri, dan industri agraris intensive , yang lainnya iandusri agraris biasa dengan latifundista, dan agraris dengan Panco dan keledainya di lahan wilayah yang hujannya tidak merata.  

Kok sampai terjadi menjelang Hari perayaan yang terpenting di agama Nasrani – Hari kelahiran Jesus Kristus -Nabi Isa Al Masih, kok ada anak yang diajak oleh orang tuanya, mencari sesuap roti dari Selatan ke Amerika serikat – menyeberang perbatasan – sampai mati di tahanan kantor imigrasi Amerika Serikat, konon harus dipisah dari kedua orang tuanya, konon malah dua kejadian. Malah didukung upaya Presiden Donald Trump untuk membangun tembok menyaingi tembok Besar di China – beayanya belum diratifikasi oleh DPR nya – Ribuan PNS juga dirumahkan tanpa bayaran apalagi THR, karena Exekutip terlanjur memakai dana untuk kegiatan tembok dan kegiatan lain. Ini politik, tapi kaum Nasrani yang sudah bercabang dua Protestan dan Katolik dari Amerika Serikat dan Mexico, setidaknya bisa memberi bantuan untuk korban  nuruti politik keduanya, yang didukung kekuasaan senjata, mestinya mbok qanak anak itu jangan sampai terlantar mati gara gara aturan keras Politik dan Tentara, apalagi FBI dan CIA – apalagi anak anak yang tanpa dosa apa apa…..sehingga migran yang tidak dikehendaki ini bisa pulang, dihari yang fitri bagi mereka ini - Kok teganya ?


Lha wong kita disini, bakal sungsang sumbel mengerahkan perhatian dan dana untuk membuka sawah rawa 9,3 juta Ha, yang gunanya banyak untuk dunia – anak yang tertindas politik di Siria. Mesir, jalur Gaza bukan saja sesama muslim – kan islam Indonesia ya sudah mengirim beras, mambuat rumah sakit, supaya ndak ngungsi ke Europa. Malah tersia sia ?  Malah yang terang mendapat hidayah, petunjuk dari Allah dengan bisikan para Wali untuk ikut “tandur”, malah tidak merasa……. ah itukan  politik untuk apa…….. lha jelas panennya ditunggu tanpa politik……… jelas  Mesir, Presien Mursi dari Ikhwan sendiri terpaksa kalah dengan jendral  Fattah al Sisi……yang lain ditembak mati, karena gandum, beras dari lembah Sungai Nil sudah seabad ndak cukup buat kebutuhan dalam negri, orang Arab, istrinya banyak, tanpa KB…….musti  beli dengan US $ dari Canada, duit dari mana....lah saudaranya sesama muslim di Nusantara malah musikan, kroncongan, bangga tangi karipan, nyruput kopi, jadi masa mengambang……….Panutan kalian ini, wong sudah dikasihi para wali, mbok upaya ikut “tandur”wong sudah dibisiki sang wali, bukan rewang politiknya, atau simpatik sama bolonya….. tapi berasnya untuk dijual ke Mesir cara islami berdagang saling memberi kemudahan, eling Gus Dur  nyantri Al Ashar,  tidak memalsu timbangan dan milih milih uang, pokoknya laku buat belanja, lillahi ta’alla. Biar beda --antara Amerika Serikat eker ekeran dengan Mexico, Guatemala Nicaragua, hanya soal badogan, anak migran sampai mati di tahanan,  sehari sebelum hari Kegembiraan.........- teganya*)  

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More