Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Kamis, 22 Desember 2016


APA DI JAWA TIMUR TIDAK PERLU EMBUNG ?
Siapa bilang, sangat perlu, tapi embung untuk kantong pasir yang turun dri lereng atas gunung api, seperti gunung Kelud, sepanjang kali Lesti Malang, sepanjang kali Pekalen  Pasuruan, untuk menangkap air yang membawa pasir ke dataran muara sungai itu jang menyebabkan banjir dan mengenangi wilayah dimana jalan raya Jawa- Bali meliwati Kabupaten Pwasuruan dan Kab.Probolinggo. yang saban musim hujan bisa berminggu minggu lalulinas arteri ini terputus. Juga di caldera laut pasir G Bromo, untuk dijadikan uap super panas guna memutar turbin PLTU.
Kantong kantong pasir pada sungai yang mengalir ke utara Kab. Pasuruan dan Kab Probolinggo harus dibuat agar sistim pengairan di dataran bawah utara kabupaten Kabupaten tersebut tidak rusak. Munjaga agar sistim saluan primer secundair dan tertiair tetap pada level ketinggiannya sehingga pengairan ke sawah sawah lancar karena di lahan sawah permukaannya tidak cepat meninggi oleh endapan pasir halus dan lumpur yang belum pernah diperhitungkan, sehingga pemasukan air ke lapik sawah tidak normal, malah mungkin diperlukan pompa.
Embung di padang pasir G Bromo, mengambil sebagian dari areal padang pasir caldera itu ditutup dengan watertight plastic sheet, sehingga dapat menyimpan air tidak diteruskan kadalam kepundan gunung. Seberapa pun air yang bisa dikumpulkan cukup banyak unduk dipompakan kedalam dapur magma yang sudal lemah, untuk dipanaskan menjadi uap super panas guna memutar turbine unap dymano dynamo llistrik.disbelah selatan disebelah timur komplex puncak G Bathok dan Bormo, sehingga tidak mengganggu vista pemandangan khas kawah Bromo. Semoga jadi bahan pertimbangan oleh para perencana dalam waktu yang dekat akibat langkanya energy dan lahan sawah sehingga perlu moratorium pengalihan guna lahan sawah, dan conservasi yang memadai apa yang masih ada*)


E

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More