Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Sabtu, 02 Juni 2018

Daur ulang artikel yg mesih relevan ECOLOGY TANAMAN TROPIK

Daur ulang artikel th 2013

ECOLOGY TANAMAN TROPIKA

Ecology adalah ilmu yang mempelajari lingkungan hidup.  Adanya teknik bercocok tanam yang  baku sebagian besar tanaman budidya kita karena  kebutuhan para Manager Perkabunan Jaman Penjajahan Balanda  untuk meng-exploitasi tanah perkebunan  sebaik mungkin  supaya mandapat hasil yang  MAKSIMAL. 
Sayangnya   para pakar ilmu Pertanian yang pertama  ada  untuk menanganinya adalah  orang yang terbiasa dengan Ekology wilayah empat musim,  jadi banyak asumsi yang terikut  secara tdak sengaja, bahwa tanaman tropik berasal dari Ekology yang lain dari tempat mereka.  Misalnya hutan sub tropic dan sub arcktic Mempunyai kecenderungan  yang sama yaitu tumbuhan yang hidup  dihutan alam ini hanya sejenis, dengan semak dibawahnya yang hanya beberapa jenis tumbuhan saja.  
Disabuk tropic  dataran rendah basah selalu hutan campuran dari ribuan species tumbuhan. Keserakahan ekonomi penjajahan  mendiktekan “cultuurtechniek” ( bahasa Belanda)  penanaman secara  monocultuur – lahan hanya dipenuhi tanaman sejenis, karena sesuai dengan azas ekonomi:  Buat apa menghabiskan  pupuk, pestisida dan tenaga untuk tumbuhan lain yang tidak menjadi tujuan produksi ? Setelah ratusan tahun sibuk  ber-asumsi bahwa monocultrure ini wajar di  ekologi kita, mulailah kita berpikir, mungkin  tanaman tropis memang membutuhkan multi-culture untuk memenuhi kebutuhan ecosystimnya dan akan menjadikan  cyclus hidup tanaman pokok yang dibudidayakan menjadi lebih baik, sukur sukur bila campuran tanaman yang lain adalah tanaman yang pantas dibudidayakan karena nilai ekonominya mungkin belum di-integrasikan dengan upaya agro-industri . 
 OK, bila terlalu tinggi, ya guna memnuhi kebutuhan  pangan segera,  sementara disekitar konsentrasi penduduk perkotaan – kebutuhan pangan harian, misalnya  pucuk pucuk dedaunan  nyaris tidak terpenuhi.
Harapannya  membuat orang ternggugah mempelajari  gejala ini dengan ikut memikir, kemudian checking dilapangan dengan mengadakan inventarisasi, apa yang bisa dikerjakan dalam jangka pendek dan penelitian dalam jangka panjang kedepan. Meng-exploitasi lahan pertanian secara multiculture, malah kita sudah punya istilah sendiri yaitu “tumpang sari” dan “tmpang gilir”, upaya ini bukan saja harusnya lebih efektip dari monoculture tapi lebih mendukung ecology yang  dibutuhkan oleh tanaman tropis.Katakan tanaman ulam/kenikir:

Kandungan vitamin yang unik  ikut menetralkan  bahan bahan  additive  yang dalam jangka panjang  mengganggu kesehatah tubuh  bila kemarau  begini  sulit didapat, apa lagi bagi bakul pecel   lah sekarang ditengah kemarau ini cari kenikir (Cosmos  caudatus – sebaiknya dicari di google dengan kata kunci “kenikir” saja – di Indonesia banyak informasi  dan tanaman ini jadi perhtian untuk dimakan, karena kandungan antioksidan, terpaksa menjual pecel dengan sayur dari rebusan daun tua tua yang dijual di pasar. Celakanya juga daun singkong tua – kecuali liat/alot, juga  mestinya singkong ini diharapkan hasil  umbi akarya, bila tanaman singkong  diambil daun-nya tua maupun muda umbinya jadi tidak bermutu,  tidak karuan,  ngganyong monyong keras berserat, tidak empuk,  jadi kita konsumen yang rugi dua kali. Apa kita perlu import dari Thailand ?

Lha kita ini sekaran lagi mengalami krisis kurang sayur yang berkualitas baik dalam musim kemarau. Mbok dicoba disambungkan kacang tunggak ( Vigna unguiculata ) dengan turi ( Sesbania gandiflora), keduanya bisa disayur tapi turi daharapkan lebih tahan kering karena pohonnya besar asumsinya perakarannya lebih baik, sedangkan kacang tunggak  parakarannya lebih pendek  untuk mencari air  dimusin kemarau.
Ide nya sama, mencari  penerapan multi cultur dengan tanaman jangka pendek , yang menghasilkan uang cepat,  umpama sayur yang berkualitas bagus sebagai tanaman sela dimusim kemarau yang tidak perlu bersaing mendapatkan air dengan tanaman pokok. Konon sayur lembayung harus dipetik pucuknya ( seperti sayur kita yang lain) tapi pucuk kacang tunggak ini harus berkali kali pucuk pucuknya dipetik, sebab baru baik untuk dimakan bila sudah tumbuh dari tunas yang tumbuh kembali sesudah dipetik yang  ketiga kali, petikan pertama dan petikan kedua pucuk pucuk ini kasar tidak enak dimakan.
Juga daun ketela rambat Ipomeia batatas dari familia Convolvulaceae ), satu familia dengan dia, ada semak di tempat tempat yang basah, batangnya berdiameter 1-2 cm, daun tunggal setelapak tangan berbentuk hati, bunga terompet besar diameter 10 cm atau lebih, berwarna ungu pucat nama setempatnya “krangkongan”  konon  bisa disambungkan dengan batang ketela rambat, teknik  menyambungkan atau occulasinya penulis tidak tahu,  tapi bila sedikit tua batang ini sudah berlubang di tengahnya. Taknik menyambungkan tanaman yang umum ya sama saja,  jaringan yang bersangkutan harus komplit ploem maupu xylem,  harus meristematis artinya ada cambium yang aktip, harus rata air bidang kontaknya, ( sel sel yang teriris harus  bersih),   harus tebebat erat tanpa digeser geser,  dan harus basah tapi streril.  Lho kok pindah topic menyambung  tanaman gimana ??
Maksudnya kan membuat lahan tumpang  sari  dengan suyur dedaunan yang dipanen   pucuk pucuknya, jadi asumsinya perakaran  tanaman ini harus kuat sehingga mudah mencari air, lebih cepat bila disambungkan dengan  sebangsanya dari satu familia yang mempunya perakaran kuat, dan afinitas batang atas terhadap batang bawahnya baik., gitu, dari pada mengharapkan hasil seleksi  yang konvensional, kan lama.  Baru kita bisa menganjurkan untuk mengisi lahan dengan tanaman sela sayuran yang bisa berproduksi  panen cepat, karena diambil pucuknya saja.

Tidak heran,  pencatatan yang secara berkesinambungan sudah dijalankan ratusan tahun terhadap tanaman Kopi  Tembakau dan Teh, kemudian baru tanaman perkebunan yang lain lain. 
Tidak heran bahwa baru setelah Indonesia Merdeka     diadakan penelitian tanaman pangan, belum tentu  menurut  dasar ekologi tropic basah. 
Banyak pemikiran yag bisa disumbangkan untuk percobaan menemukan kembali teknik pertanian yang didasari ekologi  hutan tropic basah. Dimana sebagian besar tanaman budi daya kita  masih berbentuk tumbuhan liar, yang tentu saja mempunyai kebutuhan ekologis yang sama, yaitu multi kultur. 
Dan ini pun dosa menteri kehutanan yang bukan akhlinya tapi dari Partai sudrun pesakitan KPK, Yamkuyamda, entah dari kebinet Presiden siapa, yang tega menjual hutan primer di pulau pulau sebelum kita tahu apa isinya nungkin calon tanaman budidaya, semoga partainya diasingkan rakyat, semoga kejahatannya ditelanjangi oleh ulama profesional yang sudah berubah sadar Ngabalin. sebagai ukti kesadarannya.

Kita telah memberi tanaman- naungan khusus untuk tanaman kopi kita dengan lamtoro (Leuceana sp) yang telah diubah jadi tanaman tidak berbiji, cepat tumbuh L19 dean L21  yang sudah diciptakan sebelum Perang Dunia II,  tapi kasus yang sama terjadi pada tanaman jeruk  siem dan jeruk pomelo (jeruk bali) kita,  tidak pernah dianjurkan memberi  tanaman naungan dan tidak pernah diteliti kebutuhan penyinaran sesuai dengan siclus pembuahannya. Karena tanaman ini posturnya relatip   pendek dari tanaman hutan yang lain jadi pasti  bentuk liarnya dihutan bila masih ada,  masih dibawah naungan pohon hutan yang lebih tinggi.  Taunya  hanya  di iklim kita. jeruk yang berasal dari hutan kita selalu kena penyakit virus CPVD ( Citrus  Phloem  Vein  Degeneration desease). Sehingga di situasi tropis ini kita harus balapan menyambungkan jaringan yang belum terinfeksi  ke  batang bawah bibit kita dan melindunginya dari vektor virus CPVD hama pengisap Diaphorina citri  selama hidupnya. Ini mah bukan jalan keluar yang  benar dan normal.
Kesimpulannya petanilah yang harus mencari sendiri  cara tropis untuk berbudidaya tanaman tropis. Yang nenek moyangnya tanaman buduaya ini masih hidup liar dihutan hutan kita mumpung belum digunduli semua, dengan meneliti plasma nuftah yang tertinggal. ( sayang  kok  harus Petani sendiri,  mencukupi kebutuhannya saja masih sulit, karena kahan yang terlalu kecil)
 Oleh karena sekolah Pertanian tidak laku, Sarjana Pertanian harus bekerja mandiri (bukannya tidak bisa, tapi membutuhkan modal yang besar sekali, karena harus terintegrsi dengan  konsentrasi hnnian dan  pemrosesan pangan,  yang tiada seorangpun  yang mempunyai kemauan politik  untuk ini,  tidak Pemerintah  apalagi  Perbankan, mereka tidak terjangkau ). Menteri dan Bupati  yang sudrun lebih memilih para investor besar /calo untuk memberikan lahan pertaniannya, yang jutaan hektar,  gitu saja trus lahan itu jadi bankable, kalok ditangani si Raja Tega  (yang sedih apa apa tidak boleh- trus nyuap bupati Buol 7,3 milliard baru jadi raja hutan), seperti  yang terjadi pada bekas lapangan Terbang Kemayoran- 33 Ha ditengah Ibu Kota*)


0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More