Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Senin, 28 Maret 2016

KHASIAT KANGKUNG DARAT ( Ipomea reeptans)

KHASIAT KANGKUNG DARAT ( Ipomea reptans L. )  MENURUT PENGALAMAN SAYA

Kangkung darat  adalah sayuran kangkung biasa yang batangnya berwarna putih  ( Ipomea reptans L), berdaun lebih sempit dari kangkung rawa ( Ipomea aquatica L) yang batangnya berwarna ungu. Kangkung darat batangnya meninggi sedang kangkung rawa menjalar dipermukaan tanah lumpur.

Saya sudah berumur ( 78 tahun) kena stroke ringang bagian kanan tubuh, setelah dirawat dokter saraf, meskipun masih bisa bergerak tapi dengan kendala, tangan dan kaki kanan, badan sebelah kanan seperti ada yang menghambat gerakan otot lurik yang masih bisa diperintah otak sebelah kiri. Obat yang diresepkan dokter  saraf adalah mengencer darah ( nama dagang Clopidogrel bisulfate tablet berselaput 75 mg) dan irbesartan 150 mg ] untuk pembuluh darah, dengan harapan darah masih bisa menerobos sempitnya pembuluh di otak dan bertekanan normal. Selain itu obat obatan simtomatis. Karena prostat saya membesar hingga merintangi saluran kencing bawah, jadi diresepkan oleh urologist Harnal  tansulosin hydrochloride  400 mg.) dan avcodart 26 mg, sehingga air seni bisa lancar. Entah karena apa kulit badan saya dijangkiti titik titik yang sangat gatal, titik titik rupanya dibawah kulit. Mengganggu sekali, bila digaruk tambah gatal, hingga menimbulkan ruam dibeberapa tempat yang sering berkeringat

Dalam diet saya saya mengurangi asupan makanan yang berlemak, banyak mengkonsumsi sayur, terutama daun kenikir ( ulam raja) atau Cosmos spp, daun ketela rambat ( Ipomea batatas L) dan kadang bayam (Amaranthus spp). Saya mencegah daun ketela pohon (Manihot utilisima) karena konon mengandung banyak asam urat, dan memang membuat saya kramp waktu meregangkan otot kaki, sewaktu setengah tidur.

Lha ini, sawaktu badan saya gatal, saya berbelanja kangkung darat dua ikat, saya rebus, daun daun pucuk yang hanya sedikit saya pisahkan dan saya rebus sendiri, sedang batangnya yang banyak saya rebus  sendiri dengan waktu agak lama, rebusan ini saya makan dengan tumisan bawang merah dan bawang putih dua siung, habis makan kira kira setengah jam saya rasa gatal saya kok hilang. Tapi selang 3 jam timbul lagi.


Besuknya saya belanja kangkung darat 4 ikat dengan cara yang sama saya rebus separo setengah matang ( masih hijau warnanya dan masih liat) terus saya blender dengan air rebusannya sekalian,  kira kira satu gelas besar. Daun setengah matang bersama air rebusan segelas hasil kerja blender kecepatan maximal kira kira 5 menit, menjadi cairan hijau yang tidak terlalu menjijikkan, segelas besar, lalu saya minum setengah, e betul gatal saya hilang, kali ini agak lama, sampai sore. Menjelang tidur sisa blending rebusan daun kangkung tetengah matang separo gelas besar ini saya habiskan dan sampai pagi tidur saya enak, tidak diganggu gatal maupun cramp. Besuk treatment  pasturized kangkung darat ini akan  saya ulang hingga saya tahu side effect blender-an daun kangkung darat ini apa. Sekian semoga berguna, yang jelas over dosis dari kangkung darat ini tidak tercatat, meskipun para tetua kita pernah pesan, supaya hati hati menggunakan herba yang bergetah seperti susu, karena  bisa jadi mengandung alkaloid  yang berbahaya, tapi kan orang sudah lama mengkonsumsi kangkung sebagai sayur, dan getahnya tidak banyak, paling ya diarhea. Sekian semoga berguna. *)

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More