Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Senin, 07 Januari 2019

MENCERMATI KEGELISAHAN KIAI MUST0FA BISRI

MENCERMATI KEGELISAHAN KIAI MUSTOFA BISRI DI YOU TUBE

PARA KIAI YANG WARAS,  SUDAH BUKAN WAKTUNYA  MENGALAH BERDIAM DIRI, BENGAN  SABAR.  BICARALAH ………DENGAN HARKATMU YANG RAKHMAN DAN RAKHIM.

Begitulah kira kira, apa yang dicanangkan oleh beliau, yang sajak lama mulai  resah. Beliau menjadi lebih peka dari Kiai seangkatannya karena sebenarnya beliau juga seniman sastra poetic – bahasa kerennya PENYAIR –

Yang saya tahu, penyair adalah sosok yang melahirkan makna ,     terbiasa mencari kekuatan dari suku suku kata.                              Dirangkai sebagai mutiara  ………. menurut rasa.  Ya, meskipun rasa itu situasional. 

Tapi tidak bagi Kiai meneb, kang sugenge jeneng

Malah sering menerjang tatabahasa……….yang perlu rasanya harus membekas di jiwa. 

 saya jadi ikut luka.

Lha iya, sekarang memang sudah waktunya….Ajaran islam “agemannya”  dipakai mencari  alat menumpuk harta, tahta dan wanita,  Si Fatonah.  Suryadharma Ali, Anas Orbaningrat – busuknya ngebaki jagat.                               Dasar moralnya  sudah bejad.

Dari lima generasi keatas, beliau adalah keluarga Pelajar islam Formal – artinya belajar dari  alif bak tak sampai Ilmu Ilmu yang menjadi alat perkakas untuk  tahu apa itu Al Qur’an dan Al Hadist, tuntas sampai sejarahnya,  demi

mendaya gunakan  wahyu illahiah ini.                                                                                                                                                                                      Untuk melarutkan beliau  ke alam arus  rahmatan lil alamin.                                      Itulah islam “ageman”  lahir bathin bergenerasi tgenerasi diatas beliau.            Diantara ribetnya dunia  penjajahan.                

 Disamping itu, sepuluh  generasi diatas Sarjana Islam Formal moyang sang Kiai,  sudah datang mubaligh dari Yunan ke Majapahit permulaan.  Sarjana mubalegh islam yang sempat nenyerap kebudayaan Parsi dari Mesopotamia,  pewaris budaya kaum majusi –Para wali. yang pelajaran islamnya  massal, merubah  mentalitas masyarakart kasta Hinduism yang di pulau Jawa sudah pengap karena dinamika masyarakat mendeg.  Artinya si Sudra akan tetap jadi sudra   turun temurunnya. sampai inkarnasi  sesudah mati, bila lulus. lha mana tahu,  apa jadi siapa ?                                                                                       Barubah ke mentalitas baru ajaran islam, yang lebih dinamis sangat egaliter tanpa kasta – juga dibidang agama dan masyarakat – Inilah jerohan Abu Dzar,  yang dicintai kanjeng Nabi Muhammad salallahu allaihi wasallam waktu masih bergerilya dibawah tanah di Mekkah – si Badui papa sudah di baiat memeluk agama Rasululullah. dengan kalimah Syhadad, oleh Knajeng Nabi sendiri.  

Para Wali, mengajarkan imu Hakikat Islam dan ilmu Makrifat Islam digali dari riwayat Kanabian Kanjeng Nabi Muhammad dan dari  Ummul Qur’an  sak mukadimahnya komplit, lha wong sudah kadung ditulis disana.  Tanpa hujjah apa apa. Di jarwa jadi tuntunan hidup seorang muslim dan sekaligus jadi tuntunan orang sekarat  menjelang menghadap kehadirat Allah – ini yang para wali  sampaikan ke  ummat  Hindu yang masuk islam,  meskipun tidak diaben dengan beaya yang sangat besar, masih diterima amal ibadahnya, dihisab, menurut kadarnya, semua ummat sama. Sesudah mereka mencari cari apa jerohan ajaran para wali Islam ini, tercantum dalam  makna tembang Ilir Ilir,  ( di blog idesubagyo.blogspot.com) disamping diberi  gaduhan sawah rawa hasil kerja sesama muslim, diwilayah rawa Pamotan ( sekarang Lamongan) Dicetak dengan teknologi dari Mesopotamia. Cerita yang ini dikesampingkan oleh Ulama mubalegh Islam yang datang belakangan yang mengajarkan Ilmu islam secara formal, masih mending sang Kiai  masih mendapatkan serpihan ajaran sorogan dari kakek moyang sepuluh generasi diatas, disamping mendapatkan gemblengan selama hidup dari ajaran formal ilmu Islam, dari pondok pesantren turun temurun, ilmu ilmu untuk menelaah Al Qur’an, tartil, tajwid, nahwu, sorof, Tata bahasa Arab, sastra Arab, sejarah Timur Tengah, tapi juga masih menerima ulasan SOROGAN para Wali tanah jawa – yang memenuhi tujuan bahwa islam itu ajaran untuk manusia seluruh Dunia kapan saja dinama saja, tidak mempersulit ummatnya, sangat sederhana dan mudah dimengerti – sebab yang mendesign Allah sendiri. Ini yang digali oleh para wali tanah Jawa, ini yang diambil dari sikap Rasululah Muhammad salallahu allaihi wassalam, menghadapi orang semacam Abu Dzar si Badui dari Gifari, termasuk orang yang pertama masuk islam – Nabi percaya,  dia disuruh pulang ke Gifari segara.  Islam bukan menuntut taklid buta thok, apalagi memberi  jaminan masuk sorga tanpa dihisab. kalau bukan Allah dan Rasulnya - bila Allah  berkenan. Abu Dzar ya belajar untuk dirinya sendiri sesudah islam berakar teguh di Jazeera.

Tetap anti korupsi, anti feodalisme, anti KKN dan telah menaggung konsekwensinya, do’a saya setulusnya kepada temanku ini, yang dibelakang namanya tidak disebut ditambah dengan r.a. oleh ulama mana saja.

Kalau mau  sampai jadi Kiai……..ya  jelas betul harus  belajar sampai pol, akan dituruti sampai mengenal keindahannya Al Qur'an, yang membuat orang sangat bersyukur di tingkat itu. Ini yang membuat Kiai Mustofa Bisri sedih, orang sudah mencari uang  dan popularitas dengan bicara dalil……kembali ke Al Qur’an dan Al Haidist – supaya laku jadi wakil Legisatip sukur dadi Kepala Daerah atau Rector atau Ketua MUI , tapi ndak pernah belajar formal ilmu agama islam yang sudah jadi wilayah baku kaum Ilmuwan Islam formal, dipondok pesantren 12 -15 tahun.  Karena saya-pun tidak pernah, saya hanya Agronomist-islam. pecinta dan penelaah sejarah amatiran. Terus terang saya belajar dari google.

Begitu pun masih harus jadi manusia biasa ( jangan sampai jadi Al Haladz).*)




 

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More