Sayang Sama Cucu

Sayang Sama Cucu
Saya sama Cucu-cucu: Ian dan Kaila

Rabu, 07 Agustus 2013

8. MATAHARI TERBIT DI WILWATIKTAPURA (SERI 7)

TATA LETAK KEDATON SINGHASARI

Di bekas lokasi Akuwu Tumapel  sudah samasekali tidak ada pada masa  pemerintahan  Prabhunatha  Kartanegara, diganti  samasekali dengan bangunan Kedhaton Baru, sesuai dengan derajad kerajaan Singhasari sebagai Kerajaan yang telah menaklukkan kerajaan Janggala, Kerajaan Kadiri yang tegak mulai Maha prabhu  Erlangga, Kadhipaten Lamajang,  Tuban, Jagaragha, Wengker dan Kling telah menyatakan tunduk kepada Mahaprabhu Kertanegara.  Lahan Kedhaton dibuat seperti bukit landai ditengah tengah  merupakan kediaman  Raja dan Ratu,  yang merupakan pusat dari  tanah datar dibawahnya yang berbentuk silang utara selatan dan barat timur.. empat penjuru mata angin ini dibangun sabha yang berupa wantilan  agung disetiap mata angin.
Yang terbesar adalah wantilan sebelah timur, yang dipakai  upacara kaprajuritan, dengan sendirinya menghadap alun alun yang sangat luas, yang menjadi batas antara kota raja dimana mayoritas penduduk tinggal dengan pusat pasarnya yang selalu ramai, dengan wilayah alun alun dan Kedhaton
Disebelah barat dari denah silang itu dibangun wantilan untuk pendadaran khusus semacam doyo .
Diselatan dibangun wantilan serba guna untuk pertemuan terbatas  para bangsawan dan untuk menyambut para Duta dari jaban Rangkah.
Di utara dibangun wantilan dan balai penghormatan pamujan  para pitri,  dengan beberapa pavilion untu krabat dekat Kedaton yang sudah tua tua,
Untuk mempertahankan denah silang dengan rumah kedhaton  ditengah tengah, maka seluruh silang geometris ini di bangun tembok keliling dengan pintu gerbang pada setiap ujung persilangan itu, kecuali di timur yang menghadap ke alun alun.
Dalam tembok Kedhaton dilarang untuk kegiatan rakyat biasa.
Bentuk kota Singhasari menurut  hunian para pendukung kerajaan, misalnya para prajurit dan peralatannya di sebelah timur, sedang hunian para Pendeta Kasyaiwan, Waisnawa,  Kasogatan dan Brahmana ada di sebelah utara, para pedagang dan pasar ada disebelah selatan, dan para undagi ada di sebelah barat .
Semua hunian dihubungkan dengan jalan yang diperkeras dengan batu raen, tidak perlu lurus karena Singhasari ada di lereng gunung, jadi jalan sering dibangun menurut  kerataannya ( contour) tanah.
Halaman depan rumah hunian dipagar tembok rendah dan ada gerbang candi Bentar untuk setiap rumah,halaman berisi rumah kerabat dan rumah hunian magersari. Tanah kosong ditanami pepohonan buah buahan kolam ikan, atau  disatukan dengan aliran pengairan sawah.
Kota Singhasari tidak bertembok dan pintu gerbang,hanya kolompok istana yang bertembok dan berpintu gerbang  empat menurut mata angin, timur gerbang ini tersembunyi menhubungkan wantilan agung  dengan tempat tinggal Raja, utara barat dan selatan, ada gerbang berbentuk candi bentar yang megah, sedang di timur ada dua patung dwarapala dan gerbang candi bentar yang lebar tidak berundag.(*)






0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More